SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Patut Disimak, Begini Deretan Etika yang Harus Diperhatikan Saat Naik MRT Jakarta

Kamis, 31 Januari 2019 16:43 by bellaevania | 970 hits
Patut Disimak, Begini Deretan Etika yang Harus Diperhatikan Saat Naik MRT Jakarta
Image Source: Instagram/@mrtjkt

DREAMERS.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengundang sejumlah selebriti dan juga influencer untuk mencoba MRT pada Senin (28/01). Sayang, aksi seorang selebgram yang juga atlet jetski peraih medali Asian Games 2018, Aqsa Aswar dinilai tak pantas hingga dikecam publik.

Aqsa yang berfoto bersama influencer lainnya terlihat berdiri di atas kursi penumpang. Foto itu sempat tersebar di sosial media sebelum akhirnya meminta maaf atas insiden itu. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghimbau agar publik tidak meniru tindakan tersebut.

Melalui Instagram @mrtjkt, pihak MRT Jakarta ternyata sudah mensosialisasikan etika naik MRT lewat video ‘5 Panduan perilaku di transportasi publik.’ Di video yang dibagi menjadi lima bagian ini MRT Jakarta mensosialisasikan perilaku yang tidak boleh dan seharusnya dalam transportasi publik.

Di video pertama, ada beberapa point yang disampaikan yaitu tidak bersandar di pintu kereta, tidak berdiri di depan pintu, selalu perhatikan barang bawaan, tidak berdiri di lorong kereta, serta tidak memainkan interkom darurat.

Baca juga: MRT Jakarta Belajar Dari Korea Selatan untuk Hal Tak Terduga Semacam Ini

Yang kedua para penumpang dianjurkan memberikan kursi pada penumpang prioritas, tidak memaksa untuk duduk, tidak mengambil area duduk orang lain, tidak duduk di lantai kereta, dan tidak meluruskan kaki saat duduk.

Selain itu dianjurkan tidak membaca koran dengan sangat lebar, tidak meletakkan barang di kursi sebelah melainkan ditaruh dipangkuan, tidak tiduran di kursi, serta tidak duduk bertelanjang kaki dan menaikkan kaki ke kursi.

Penumpang juga dianjurkan menjaga ketertiban dengan tidak mengobrol dengan suara keras, tidak makan dan minum di kereta, tidak mendengkur saat tidur, tidak mengganggu privasi orang lain dan bagi perempuan tidak mengenakan make up secara berlebih saat dalam perjalanan.

Yang terakhir, tidak mendengarkan musik dengan suara keras, tidak batuk atau bersin tanpa menggunakan masker atau menutup mulut, tidak menelpon dengan suara keras, serta tidak membuang sampah sembarangan.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Jagat dunia maya terutama Twitter dihebohkan dengan foto foto dan video berdarah darah dari seorang wanita di Mal Pluit Village. Wanita bernama Asela (46) yang diketahui adalah manajer sebuah restoran itu ditusuk oleh seorang pegawai....
  • HOT !
    Bento atau makanan bekal khas Jepang yang biasanya terdiri dari beberapa lauk pauk dan nasi, biasanya ditempatkan di sebuah kotak makan bersekat yang memudahkan konsumen untuk memakan makanan yang ada didalamnya....
  • HOT !
    Pelat nomor berakhiran ‘RF’ nampaknya bukan hal asing di jalanan ibu kota. Namun yang perlu diketahui, nomor polisi tersebut hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu dan ternyata tidak bisa dipergunakan untuk sembarang orang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)