home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Patut Disimak, Begini Deretan Etika yang Harus Diperhatikan Saat Naik MRT Jakarta

Kamis, 31 Januari 2019 16:43 by bellaevania | 1103 hits
Patut Disimak, Begini Deretan Etika yang Harus Diperhatikan Saat Naik MRT Jakarta
Image Source: Instagram/@mrtjkt

DREAMERS.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengundang sejumlah selebriti dan juga influencer untuk mencoba MRT pada Senin (28/01). Sayang, aksi seorang selebgram yang juga atlet jetski peraih medali Asian Games 2018, Aqsa Aswar dinilai tak pantas hingga dikecam publik.

Aqsa yang berfoto bersama influencer lainnya terlihat berdiri di atas kursi penumpang. Foto itu sempat tersebar di sosial media sebelum akhirnya meminta maaf atas insiden itu. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghimbau agar publik tidak meniru tindakan tersebut.

Melalui Instagram @mrtjkt, pihak MRT Jakarta ternyata sudah mensosialisasikan etika naik MRT lewat video ‘5 Panduan perilaku di transportasi publik.’ Di video yang dibagi menjadi lima bagian ini MRT Jakarta mensosialisasikan perilaku yang tidak boleh dan seharusnya dalam transportasi publik.

Di video pertama, ada beberapa point yang disampaikan yaitu tidak bersandar di pintu kereta, tidak berdiri di depan pintu, selalu perhatikan barang bawaan, tidak berdiri di lorong kereta, serta tidak memainkan interkom darurat.

Baca juga: Catat, TransJakarta dan MRT Hanya Jalan Sampai Jam 8 Malam Mulai Hari Ini

Yang kedua para penumpang dianjurkan memberikan kursi pada penumpang prioritas, tidak memaksa untuk duduk, tidak mengambil area duduk orang lain, tidak duduk di lantai kereta, dan tidak meluruskan kaki saat duduk.

Selain itu dianjurkan tidak membaca koran dengan sangat lebar, tidak meletakkan barang di kursi sebelah melainkan ditaruh dipangkuan, tidak tiduran di kursi, serta tidak duduk bertelanjang kaki dan menaikkan kaki ke kursi.

Penumpang juga dianjurkan menjaga ketertiban dengan tidak mengobrol dengan suara keras, tidak makan dan minum di kereta, tidak mendengkur saat tidur, tidak mengganggu privasi orang lain dan bagi perempuan tidak mengenakan make up secara berlebih saat dalam perjalanan.

Yang terakhir, tidak mendengarkan musik dengan suara keras, tidak batuk atau bersin tanpa menggunakan masker atau menutup mulut, tidak menelpon dengan suara keras, serta tidak membuang sampah sembarangan.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)