home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Darurat Kasus DBD Sudah 600-an, Inilah Daerah Paling Banyak Terserang di Jakarta Selama Januari 2019

Selasa, 29 Januari 2019 14:39 by reinasoebisono | 968 hits
Darurat Kasus DBD Sudah 600-an, Inilah Daerah Paling Banyak Terserang di Jakarta Selama Januari 2019
Image source: IDN Times

DREAMERS.ID - Kasus Demam Berdarah Dengue atau DBD yang kini marak terjadi jangan dibiarkan dan harus ada peran aktif baik dari pihak terkait maupun inisiatif masyarakat. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti pun mengatakan sudah ada sekitar 600 kasus DBD selama Januari 2009.

Tepatnya di angka 631 kasus dan meski belum berstatus Kejadian Luar Biasa, Dinas Kesehatan DKI mencatat jika wilayah Jakarta Selatan menjadi yang terbanyak terserang DBD dengan 231 kasus. Sementara Jakarta Pusat menjadi wilayah paling sedikit alami DBD selama 27 hari terakhir dengan 23 kasus.

Di daerah lain seperti Jakarta Timur terdapat 169 kasus, Jakarta Barat 153 kasus dan Jakarta Utara 37 kasus. Dari para pasien, kelompok usia yang terserang DBD mengalami pergeseran dari tren tiga tahun terakhir.

"Untuk usia terserang adalah anak-anak sekolah antara 7-15 tahun dengan yang tertinggi 14-15 tahun. Artinya, mengalami pergeseran di mana selama tiga tahun terakhir di usia 7-12 tahun," ujarnya.

Baca juga: Jakarta Sudah Bukan Ibu Kota dan Alami Kekosongan Hukum Terkait Status Ibu Kota?

Namun jika melihat dari tahun sebelumnya, 613 kasus dalam 27 hari adalah angka yang cukup tinggi jika dibandingkan selama 2018 dengan 2.947 kasus dan pada 2017 dengan 3.362 kasus. "Namun tak lebih tinggi dari 2016 dengan 20.432 kasus dan 14 kematian," jelasnya.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta sudah melakukan sejumlah kegiatan untuk mengantisipasi peningkatan kasus demam berdarah di DKI Jakarta, seperti peningkatan sistem kewaspadaan dini penyakit web berbasis DBD, pengasapan, peningkatan peran Jumantik di tiap wilayah, hingga menginstruksikan fasilitas kesehatan untuk deteksi dini tata laksana kasus DBD.

Namun, sejumlah langkah mandiri juga diperlukan agar semakin mencegah kasus DBD membesar. Beberapa hal yang bisa dilakukan yakni dengan pemberantasan sarang nyamuk dan melakukan 3 M (menguras, menutup, dan mengubur).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)