SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ramai Omongan JK Sebut Jalan Thamrin Bak Singapura dan Priok Seperti Bangladesh, Apa Maksud Di Baliknya?

Selasa, 29 Januari 2019 12:28 by reinasoebisono | 5409 hits
Ramai Omongan JK Sebut Jalan Thamrin Bak Singapura dan Priok Seperti Bangladesh, Apa Maksud Di Baliknya?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Ramai pembicaraan dari pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla soal kontrasnya kondisi jalanan ibu kota dan sebagian wilayah lainnya. Dalam rapat ihwal pengintegrasian transportasi DKI Jakarta itu, JK menyoroti pula tata kota yang ideal.

"Rapat ini untuk membicarakan tentang sistem transportasi ke depan di Jabodetabek. Tadi pagi, kami naik helikopter keliling Jakarta dan sekitarnya untuk melihat apa sih yang terjadi dan apa yang harus dilaksanakan," kata Kalla saat membuka rapat, Senin (28/1) via Kompas.

JK pun mencontohkan kondisi jalanan di Jalan MH Thamrin yang modern seperti di Singapura, namun berbeda 180 derajat dengan Tanjung Priok yang seperti jalanan di Bangladesh. Karena itu masih banyak yang harus dipikirkan dalam menata transportasi di Jakarta, seperti penataan pedestrian dan selainnya.

Baca juga: JK Beberkan Perbedaan dan 'Lebihan' Ketika Jadi Wapres Jokowi Dibanding SBY

“Pertanyaannya adalah apakah masalah kita hanya transportasi, dan apakah atau bagaimana transportasi bisa menjalankan yang lain. Yang kedua, ini Jakarta kalau kita ada di Jalan Thamrin itu seperti di Singapura, tapi di belakangnya, itu Tanjung Priok seperti Bangladesh,” ujar Kalla lagi.

Kalla juga menyinggung, seharusnya Indonesia menganut sistem tata wilayah yang benar di mana masyarakat menengah ke bawah tinggal di pusat kota. Sedangkan masyarakat menengah ke atas tinggal di luar kota.

"Kalau di negara lain orang kaya tinggal di luar kota, orang yang kurang mampu tinggal di dalam kota. Kalau kita terbalik, orang yang mampu tinggal di dalam kota, orang yang kurang mampu tergeser ke luar kota," kata Kalla. "Sehingga lebih besar ongkosnya, karena itulah kita membicarakan konsepnya apa yang kita harapkan," lanjut dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ibu Kota baru Negara Republik Indonesia yang baru nantinya dan selama ini menjadi misteri akhirnya terjawab dengan Presiden Jokowi mengumumkan lokasinya yang berada di Kalimantan Timur. Dikatakannya, lokasi tersebut telah dikaji dan dinilai paling ideal sebagai lokasi ibu kota baru....
  • HOT !
    Bukan hal asing para warga Korea Utara membelot atau kabur dari negaranya dan memasuki Korea Selatan. Mungkin banyak yang berpikir mereka melarikan diri karena tak tahan dengan peraturan negaranya, namun ternyata ada juga faktor lain....
  • HOT !
    Jumat dini hari tadi (23/8), Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mengalami antrean panjang bagi penumpang yang hendak check in. Penyebabnya adalah adanya gangguan IT pada sistem check in....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)