home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Motivasi Menarik Kabupaten Ini Bisa Tukar Sampah Plastik Jadi Emas

Jumat, 25 Januari 2019 19:00 by reinasoebisono | 1524 hits
Motivasi Menarik Kabupaten Ini Bisa Tukar Sampah Plastik Jadi Emas
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Edukasi pemilahan sampah di lingkup rumah tangga telah lama digaungkan, namun masih banyak yang belum menerapkan karena bisa jadi merepotkan atau tidak mengetahui bagaimana langkah memilah sampah yang baik dan benar.

Dan Banyuwangi memiliki cara menarik untuk mengajak warganya bersemangat memilah dan menyetorkan sampah, yaitu dengan cara sampah-sampah yang disetorkan itu bisa ditukarkan dengan emas!

Via laman Liputan6, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Harianto Widodo mengatakan hal tersebut, termasuk setiap sampah plastik yang disetorkan warga di program Clean and Gold akan dikonversi dengan emas dalam buku tabungan.

"Untuk proses sampah menjadi emas, dimulai dari pemilihan sampah yang diambil dari sampah rumah tangga. Lalu masuk proses penyetoran, penimbangan, penghitungan, dan hingga tahap akhir hasil penimbangan ke dalam tabungan emas," ungkap Harianto.

Sebagai contoh, seorang warga menyetor sampah yang sudah dipilah dengan nilai Rp 6500, berarti di saldo akan tertulis 0,01 gram dengan asumsi harga emas per gramnya Rp650 ribu. Demikian seterusnya seiring bertambahnya volume sampah yang dikumpulkan.

Nantinya pemilik tabungan bisa menjual emas yang ada di tabungannya apabila sudah mencapai satu gram. Atau bisa dicetak dalam bentuk emas batangan apabila sudah mencapai lima gram.

"Kalau sudah mencapai satu gram bisa dijual atau digadaikan pada kami, tapi harus disisakan di saldo sebesar 0,1 gram. Sedangkan untuk bisa dirupakan dalam bentuk emas kalau mencapai lima gram," terangnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Iskandar Azis menyampaikan bahwa program ini akan memberi dampak yang sangat positif bagi masyarakat sekitar. Tidak hanya dari sisi ekonomi, tapi juga dari sisi lingkungan.

"Semoga adanya Bank Sampah ini, masyarakat Banyuwangi semakin sadar akan artinya kebersihan. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi masyarakat," kata Iskandar.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)