SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benarkah Pernyataan Jokowi Soal Urus Perizinan Usaha Cuma 2 Jam?

Sabtu, 19 Januari 2019 19:23 by bellaevania | 16307 hits
Benarkah Pernyataan Jokowi Soal Urus Perizinan Usaha Cuma 2 Jam?
Image source: dw.com

DREAMERS.ID - Capres dari kubu petahana, Jokowi memamerkan cepatnya mengurus perizinan usaha yang hanya memakan waktu selama 2 jam. Benarkah?

Kini dalam mengurus perizinan usaha sudah ada program layanan perizinan usaha yang disebut online single submission (OSS) atau perizinan online terpadu. Lewat layanan OSS, Wakil Ketua Apindo Shinta Kamdani membenarkan pengurusan izin bisa dilakukan hanya dalam 2 jam.

"Kalau OSS yang di pusatnya sendiri sih ya benar, segala prinsip itu bisa dalam 2 jam keluar nomor," ucapnya, Jumat (18/1/2019), mengutip Detik.

Setelah izin prinsip selesai, Jokowi mengatakan investor bisa mengurus service level agreement yang terdiri dari pengurusan izin lokasi, izin lingkungan dan izin mendirikan bangunan yang bisa diselesaikan dalam waktu 1 bulan. 

Baca juga: Ditemani Kaesang, Jokowi Luangkan Waktu Khusus Jenguk Ani Yudhoyono di Singapura

Pada kenyataan di lapangan, sistem ini masih memiliki kelemahan. Pasalnya perizinan di daerah masih memakan waktu berbulan-bulan. "Ya saya sih nggak yakin, saya sangat pesimis, nggak mungkin satu bulan. Saya sih nggak percaya kalau satu bulan," sebutnya.

Shinta Kamdani menilai mengurus perizinan hingga selesai tetap membutuhkan waktu berbulan-bulan. "Iya lah (butuh waktu bulanan), kecuali kalau ada izin yang simpel. Makanya saya nggak bisa generalisasi karena kan izin macam macam. Kita nggak bisa bilang semuanya sama," jelasnya.

Meski masih memiliki kelemahan, Shinta mengapresiasi adanya sistem OSS yang memiliki kelebihan seperti meminimalisir praktik korupsi saat urus perizinan. "Saya rasa kita mesti penempatan konteks OSS ini mesti tepat, bahwa maksudnya Jokowi dari sisi bahwa lebih ada transparansi dengan adanya online, sehingga bisa menghindari lebih banyaknya korupsi segala macam," tambahnya.

(rei)

  • HOT !
    Isu pemanasan global masih jadi topik perbincangan dunia saat ini, mengingat banyak perubahan yang terjadi. Mulai dari musim yang lebih cepat berganti, hingga semakin hari semakin menipis lapisan es di kutub utara selatan. Namun rupanya NASA berpendapat lain....
  • HOT !
    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan anggaran biaya untuk pelaksanaan Pemilu 2019 lebih hemat dibandingkan Pemilu 2014. Hal ini diklaim berkat efisiensi pengadaan logistik seperti kotak suara kardus dan system pengadaan logistik online melalui e katalog....
  • HOT !
    Dalam sesi tanya jawab, calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto terlihat gagap saat menjawab pertanyaan Jokowi terkait kebijakan ‘unicorn’. Bahkan Prabowo sempat bertanya tentang maksud unicorn kepada Jokowi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)