SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Unik Sekolah Tiongkok Cegah Bolos Sampai Taruh Alat Pelacak di Seragam Siswa

Jumat, 11 Januari 2019 14:10 by bellaevania | 1229 hits
Cara Unik Sekolah Tiongkok Cegah Bolos Sampai Taruh Alat Pelacak di Seragam Siswa
Image Source: IDNTimes

DREAMERS.ID - Untuk mencegah bolosnya murid, beberapa sekolah di Tiongkok memanfaatkan teknologi seragam sekolah pintar. Seragam ini dibuat untuk memantau aktivitas murid di sekolah sehingga bisa membantu guru dan orangtua.

Seragam pintar ini merupakan produk dari perusahaan berbasis teknologi di Tiongkok, Guanyu Technology (GT). GT menyisipkan dua chip berfungsi sebagai identifikasi dan GPS dibagian bahu seragam. Chip ini diklaim dapat bertahan di suhu lebih dari 150 derajat celcius dan 500 kali pencucian. Melalui sensor, chip akan memberi notifikasi lewat aplikasi kepada guru atau orang tua jika murid meninggalkan sekolah saat jam pelajaran.

Selain chip, seragam juga tersambung dengan system pengenal wajah di gerbang sekolah. Setiap murid melewati gerbang, system secara otomatis merekam video berdurasi 20 detik supaya bisa memantau kapan murid keluar-masuk area sekolah. Sistem ini tak bisa dicurangi murid nakal yang menukar seragam karena teknologi pengenalan wajah akan memberi peringatan.

Baca juga: Sekolah di Korea Selatan Akan Terapkan Pakai Seragam yang Terinspirasi Hanbok

Kelebihan yang ditawarkan seragam pintar ini pun mendapat apresiasi besar orang tua murid. "Sekolah itu adalah sekolah asrama, jadi sulit bagiku untuk menjadi orang tua anakku di rumah. Seragam ini dapat memberikan tekanan kepadanya dan memberi tahu dia bahwa saya akan diberi tahu jika dia bolos kelas," kata Zhao Shengyong, orang tua Xiuwen, menutip IDNTimes.


Image Source: IDNTimes

Sudah ada lebih dari 10 sekolah di daerah otonomi Guang Zhuang dan Provinsi Guizhou Barat Daya Tiongkok yang terkenal dengan siswa malas belajar menggunakan seragam pintar ini. Seragam yang memiliki desain untuk musim panas dan musim dingin ini dibandrol seharga 320 Yuan atau Rp 666 Ribu.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Tengah malam nanti, Indonesia dapat menikmati gerhana bulan yang ternyata bukan gerhana bulan biasa, lho! Pusat Sains Antariksa LAPAN (Lembaga Penerbangan dna Antariksa Nasional) menjelaskan jika yang akan muncul nanti malam adalah Gerhana Bulan Penumbra....
  • HOT !
    Nama George Floyd sudah mendunia karena memicu protes yang terbanyak di Amerika Serikat setelah dirinya meregang nyawa karena penanganan polisi Minneapolis yang dianggap sebagai bentuk rasis. Peristiwa ini menyulut amarah seluruh warga di dunia....
  • HOT !
    Pada Jumat (28/05), Achmad Yurianto kembali mengumumkan mengenai perkembangan kasus virus corona di Indonesia per tanggal 29 Mei Indonesia kembali mencatat adanya penambahan kasus pasien yang positif terinfeksi virus corona sebanyak 678 pasien....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)