SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Unik Sekolah Tiongkok Cegah Bolos Sampai Taruh Alat Pelacak di Seragam Siswa

Jumat, 11 Januari 2019 14:10 by bellaevania | 1166 hits
Cara Unik Sekolah Tiongkok Cegah Bolos Sampai Taruh Alat Pelacak di Seragam Siswa
Image Source: IDNTimes

DREAMERS.ID - Untuk mencegah bolosnya murid, beberapa sekolah di Tiongkok memanfaatkan teknologi seragam sekolah pintar. Seragam ini dibuat untuk memantau aktivitas murid di sekolah sehingga bisa membantu guru dan orangtua.

Seragam pintar ini merupakan produk dari perusahaan berbasis teknologi di Tiongkok, Guanyu Technology (GT). GT menyisipkan dua chip berfungsi sebagai identifikasi dan GPS dibagian bahu seragam. Chip ini diklaim dapat bertahan di suhu lebih dari 150 derajat celcius dan 500 kali pencucian. Melalui sensor, chip akan memberi notifikasi lewat aplikasi kepada guru atau orang tua jika murid meninggalkan sekolah saat jam pelajaran.

Selain chip, seragam juga tersambung dengan system pengenal wajah di gerbang sekolah. Setiap murid melewati gerbang, system secara otomatis merekam video berdurasi 20 detik supaya bisa memantau kapan murid keluar-masuk area sekolah. Sistem ini tak bisa dicurangi murid nakal yang menukar seragam karena teknologi pengenalan wajah akan memberi peringatan.

Kelebihan yang ditawarkan seragam pintar ini pun mendapat apresiasi besar orang tua murid. "Sekolah itu adalah sekolah asrama, jadi sulit bagiku untuk menjadi orang tua anakku di rumah. Seragam ini dapat memberikan tekanan kepadanya dan memberi tahu dia bahwa saya akan diberi tahu jika dia bolos kelas," kata Zhao Shengyong, orang tua Xiuwen, menutip IDNTimes.


Image Source: IDNTimes

Sudah ada lebih dari 10 sekolah di daerah otonomi Guang Zhuang dan Provinsi Guizhou Barat Daya Tiongkok yang terkenal dengan siswa malas belajar menggunakan seragam pintar ini. Seragam yang memiliki desain untuk musim panas dan musim dingin ini dibandrol seharga 320 Yuan atau Rp 666 Ribu.

(bef)

  • HOT !
    Salah satu jalur favorit para pemudik setiap tahunnya di libur Lebaran adalah jalur Pantai Utara Jawa atau Jalur Pantura. Namun pada musim mudik tahun ini, para pemudik yang melintasi ruas jalur Pantura diminta ekstra waspada....
  • HOT !
    Sempat memilih untuk menutup mulut di kedatangannya ke Istana Kepresidenan Bogor untuk menemui Presiden Jokowi pada Rabu (22/5) pagi hari ini, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akhirnya memberikan jawaban terkait alasan kedatangan dan hasil pertemuannya....
  • HOT !
    Prabowo Subianto telah memberikan pernyataan terkait pengumuman hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2019 oleh KPU. Pihaknya menyatakan menolak hasil Pilpres 2019 dan beserta pasangannya, Sandiaga Uno, akan menempuh langkah hukum sesuai onstitusi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : rosadelita_ps
Cast : - Jung Ayana - Jung Yunho - Shim Changmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)