SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Intip 'Kesempatan Kedua' untuk Kamu yang Masih Berharap Bisa Jadi PNS

Kamis, 10 Januari 2019 12:54 by reinasoebisono | 2568 hits
Yuk Intip 'Kesempatan Kedua' untuk Kamu yang Masih Berharap Bisa Jadi PNS
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Sempat ada janji dari pemerintah untuk memberi kesempatan kedua publik yang belum berhasil lolos seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau yang masih ingin berkesempatan bergabung dalam instansi pemerintahan.

Yaitu diadakannya proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang memiliki hak setara PNS dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini diperkuat dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang manajemen PPPK. Meski belum diumumkan tanggal pastinya yang diperkirakan berlangsung pada awal tahun ini, ada syarat untuk mengikuti seleksi PPPK.

Via laman Detik, penerimaan PPPK gelombang pertama akan dimulai pada Januari 2019, sementara gelombang kedua dilakukan pada bulan April 2019. Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) memiliki kesempatan yang sama untuk Jabatan Fungsional (JF) PPPK dalam jangka panjang waktu tertentu.

Berdasarkan Pasal 38 PP Nomor 49 Tahun 2018, PPPK diberikan gaji dan juga tunjangan. Gaji dan tunjangan berlaku sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi PNS. Pemerintah juga wajib memberikan perlindungan jaminan hari tua, jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan bantuan hukum.

Baca juga: Pendaftaran Pegawai Setara PNS Resmi Dibuka, Perhatikan Tata Caranya Berikut Ini

Masa hubungan perjanjian kerja bagi PPPK paling singkat satu tahun dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan berdasarkan penilaian kinerja, kesesuaian kompetensi dan kebutuhan instansi. PPPK juga diberi kesempatan pengayaan pengetahuan dalam rangka pengembangan kompetensi.

Seleksi pertama administrasi adalah mencocokkan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran. Sedangkan seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi pengadaan PPPK akan mengikuti wawancara untuk menilai integritas dan moralitas sebagai bahan penetapan hasil seleksi. Adapun pelamar JPT utama tertentu dan JPT madya tertentu yang telah lulus seleksi juga akan mempertimbangkan masukan masyarakat sebagai bahan penetapan hasil seleksi.

(rei)

  • HOT !
    Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT....
  • HOT !
    Berbagai hal menarik terjadi dalam debat cawapres malam tadi (17/3), di mana kedua calon wakil presiden 2019 saling beradu visi misi. Salah satu yang menarik untuk disorot adalah jumlah kata yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno....
  • HOT !
    Debat Pilpres Ketiga akhirnya berhasil digelar pada Minggu (17/03/19) di Hotel Sultan Senayan. Pada kesempatan itu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebagai capres dihadapkan dengan pembahasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Selama debat yang berlangsung 2 jam itu, sejumlah janji dan pernyataan dilontarkan keduanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)