SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Sosok Sultan Muhammad V Malaysia yang Undur Diri Pasca Kabar Nikahi Miss Moscow Viral

Senin, 07 Januari 2019 12:31 by bellaevania | 850 hits
Begini Sosok Sultan Muhammad V Malaysia yang Undur Diri Pasca Kabar Nikahi Miss Moscow Viral
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Jika Indonesia memiliki Presiden Jokowi yang meninggalkan kesan mendalam dihati warga sebagai pemimpin yang merakyat, Malaysia memiliki Raja Malaysia atau Yang Dipertuan Agong ke-15, Sultan Muhammad V.

Di Malaysia sembilan keluarga kerajaan secara bergantian setiap lima tahun sekali menduduki jabatan Yang Dipertuan Agong atau Raja Malaysia. Sultan Muhammad V naik tahta menjadi Raja pada 13 Desember 2016 dan memutuskan mundur dari posisinya pada Minggu (06/01/19) tanpa memberitahukan alasannya.

Selama dua tahun menjabat, sang Raja dikenal sebagai orang yang rendah hati dan punya selera humor yang tinggi. Ia juga kerap ‘blusukan’ ke kampung disetiap distrik negara bagian.

Selain perhatian dengan masyarakat, Sultan Muhammad V juga sangat memperhatikan keuangan negara. Ia rela gaji dan tunjangannya dipotong 10% demi mengalihkan dana untuk membayar hutang negara yang mencapai 1 triliun ringgit atau sekitar Rp 3.500 triliun.

Baca juga: Respon dan Kronologi Menteri Malaysia yang Tersandung Skandal Video Seks Sesama Jenis

Demi utang negara, Ia juga memutuskan membatalkan perayaan ulang tahunnya pada 9 September 2018. Open House istana Raja yang biasa dilakukan pada momen Idul Fitri juga ditiadakan, agar bisa membantu masyarakat yang kekurangan.

Dibalik sikapnya yang lembut dan disegani masyarakat, uniknya Sultan Muhammad V menggemari olahraga ekstrim. Ia menggemari ekspedisi Four-Wheel Drive, berkuda, memanah, dan menembak. Juga olahraga lain seperti golf, sepak bola, dan bowling.


Image source: Tribunnews

Sultan Muhammad V juga mencetak sejarah di Malaysia sebagai Yang Dipertuan Agong pertama yang memerintah tanpa didampingi permaisuri ratu atau Raha Permaisuri Agong. Meski begitu, media Inggris dan Rusia menyebut bahwa Ia telah menikah dengan mantan Miss Moscow, Oksana Voevodina, di Barvikha pada 22 November 2018. Namun, otoritas Malaysia belum mengomentari spekulasi pernikahan tersebut.

(bef)

  • HOT !
    Untuk pertama kalinya Arab Saudi akan memiliki kelab malam yang akan dibuka di tepi pantai Jeddah. Kabar ini pun menarik reaksi banyak orang di media sosial....
  • HOT !
    Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta telah tiga kali menjalankan uji coba. Namun kereta yang menghubungkan Rawamangun Kelapa Gading itu tak kunjung juga dioperasikan secara komersial meski belum lama ini diuji coba untuk publik secara gratis....
  • HOT !
    Kabar dibukanya kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS di tahun ini mencuat ke publik. Bahkan selain CPNS, pemerintah juga akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)