SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ilhan Omar, Perempuan Berhijab Pertama di Parlemen Amerika Serikat

Sabtu, 05 Januari 2019 19:38 by bellaevania | 877 hits
Ilhan Omar, Perempuan Berhijab Pertama di Parlemen Amerika Serikat
Image Source: Mg.globalvoices

DREAMERS.ID - Ilhan Omar, perwakilan Partai Demokrat Minnesota resmi menjadi anggota parlemen Amerika Serikat pada Jumat, (04/12/18). Keberadaan Omar di parlemen Amerika Serikat ini pun mencetak sejarah baru di dunia politik Amerika Serikat.

Legislator berdarah Somalia-Amerika ini secara terbuka mengungkapkan keinginannya untuk mengenakan hijab di gedung parlemen. "Tak ada yang bisa merenggut hijab di kepala kecuali saya. Ini adalah pilihan saya - salah satu yang dilindungi oleh amandemen pertama. Dan ini bukanlah akhir dari larangan yang akan coba saya angkat," kata Omar lewat akun Twitternya usai memenangkan pemilihan pada November tahun lalu, seperti dilansir dari Dream.

Juru Bicara Parlemen, Nancy Pelosi dan Kepala Komite Aturan Parlemen, Jim McGovern, mendukung permintaan Omar untuk bisa tampil berhijab di parlemen. Permintaan tersebut masuk dalam paket kebijakan partai yang dirilis pada Selasa malam.

Baca juga: Biar Kelihatan Berbeda, Ini Dia Inspirasi 5 Aksesoris Hijab Kekinian

Partai Demokrat yang menjadi paying politik Omar merupakan mayoritas di parlemen Amerika Serikat. Sebagai partai mayoritas, Partai Demokrat memiliki kendali penuh terhadap pengelolaan parlemen termasuk mengubah sejumlah aturan yang telah berlaku.

Sebelum Omar dilantik, Partai Demokrat mengubah larangan tersebut hingga akhirnya Omar menjadi wanita berhijab pertama di parlemen Amerika Serikat. Larangan penggunaan segala bentuk penutup kepala, baik topi, tudung, bahkan hijab sendiri telah diberlakukan di gedung parlemen Amerika Serikat sejak tahun 1837.

(bef)

  • HOT !
    Untuk pertama kalinya Arab Saudi akan memiliki kelab malam yang akan dibuka di tepi pantai Jeddah. Kabar ini pun menarik reaksi banyak orang di media sosial....
  • HOT !
    Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta telah tiga kali menjalankan uji coba. Namun kereta yang menghubungkan Rawamangun Kelapa Gading itu tak kunjung juga dioperasikan secara komersial meski belum lama ini diuji coba untuk publik secara gratis....
  • HOT !
    Kabar dibukanya kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS di tahun ini mencuat ke publik. Bahkan selain CPNS, pemerintah juga akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)