SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ilhan Omar, Perempuan Berhijab Pertama di Parlemen Amerika Serikat

Sabtu, 05 Januari 2019 19:38 by bellaevania | 862 hits
Ilhan Omar, Perempuan Berhijab Pertama di Parlemen Amerika Serikat
Image Source: Mg.globalvoices

DREAMERS.ID - Ilhan Omar, perwakilan Partai Demokrat Minnesota resmi menjadi anggota parlemen Amerika Serikat pada Jumat, (04/12/18). Keberadaan Omar di parlemen Amerika Serikat ini pun mencetak sejarah baru di dunia politik Amerika Serikat.

Legislator berdarah Somalia-Amerika ini secara terbuka mengungkapkan keinginannya untuk mengenakan hijab di gedung parlemen. "Tak ada yang bisa merenggut hijab di kepala kecuali saya. Ini adalah pilihan saya - salah satu yang dilindungi oleh amandemen pertama. Dan ini bukanlah akhir dari larangan yang akan coba saya angkat," kata Omar lewat akun Twitternya usai memenangkan pemilihan pada November tahun lalu, seperti dilansir dari Dream.

Juru Bicara Parlemen, Nancy Pelosi dan Kepala Komite Aturan Parlemen, Jim McGovern, mendukung permintaan Omar untuk bisa tampil berhijab di parlemen. Permintaan tersebut masuk dalam paket kebijakan partai yang dirilis pada Selasa malam.

Baca juga: Yuk Ikuti Tren Unik Hijab Pakai Jepit Rambut Ala Selebgram!

Partai Demokrat yang menjadi paying politik Omar merupakan mayoritas di parlemen Amerika Serikat. Sebagai partai mayoritas, Partai Demokrat memiliki kendali penuh terhadap pengelolaan parlemen termasuk mengubah sejumlah aturan yang telah berlaku.

Sebelum Omar dilantik, Partai Demokrat mengubah larangan tersebut hingga akhirnya Omar menjadi wanita berhijab pertama di parlemen Amerika Serikat. Larangan penggunaan segala bentuk penutup kepala, baik topi, tudung, bahkan hijab sendiri telah diberlakukan di gedung parlemen Amerika Serikat sejak tahun 1837.

(bef)

  • HOT !
    Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT....
  • HOT !
    Berbagai hal menarik terjadi dalam debat cawapres malam tadi (17/3), di mana kedua calon wakil presiden 2019 saling beradu visi misi. Salah satu yang menarik untuk disorot adalah jumlah kata yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno....
  • HOT !
    Debat Pilpres Ketiga akhirnya berhasil digelar pada Minggu (17/03/19) di Hotel Sultan Senayan. Pada kesempatan itu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebagai capres dihadapkan dengan pembahasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Selama debat yang berlangsung 2 jam itu, sejumlah janji dan pernyataan dilontarkan keduanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)