SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Reaksi Warga Jakarta Soal Survei Pembatasan Kantong Plastik, Kamu Salah Satunya?

Jumat, 04 Januari 2019 13:27 by reinasoebisono | 1122 hits
Reaksi Warga Jakarta Soal Survei Pembatasan Kantong Plastik, Kamu Salah Satunya?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Isu pemakaian plastik tengah gencar dilakukan oleh masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia. Dengan beragam fenomena memilukan akibat banyaknya pemakaian plastik yang menjadi limbah, pemerintah juga turut menggalakkan program pembatasan kantong plastik.

Di Ibu Kota DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup telah melakukan survei dan disebutkan mendapat respon positif dari warga. Survei persepsi warga atas pembatasan penggunaan kantong plastik itu mendapat 80% suara yang setuju.

"Hampir 80 persen setuju untuk pembatasan, bersedia membawa kantong sendiri," kata Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Rahmawati mengutip Tempo.

Survei tersebut dilakukan dengan cara door to door di mana mayoritas peserta surveinya ternyata adalah ibu rumah tangga. Survei tersebut dilakukan sebagai persiapan pembuatan peraturan gubernur yang saat ini masih menunggu disahkan.

Rahmawati mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup juga telah melakukan kajian lingkungan. Hasilnya, sampah plastik harus dikurangi. Salah satu caranya adalah membatasi penggunaan kantong plastik yang biasa digunakan sebagai tempat belanjaan.

Baca juga: Kantong Plastik Belanjaan Sudah Tidak Gratis Per 1 Maret di Sejumlah Ritel Ini

"Plastik selain tidak mudah terurai, juga jumlahnya banyak," kata Rahmawati.

Menurut data yang ditunjukkan Rahmawati, rata-rata sampah di DKI mencapai 2,5 juta ton per tahun. Sebanyak 357.000 ton di antaranya adalah sampah plastik. Khusus kantong plastik, warga Ibu Kota menyumbang 1.900 sampai 2.400 ton per tahun. Jumlah itu setara dengan 240-300 juta lembar kantong plastik.

Namun Gubernur Anies Baswedan juga menyampaikan jika Pergub tersebut masih butuh banyak koreksi. Terutama harus dilengkapi dengan aturan yang dapat menjadi pengganti plastik di tengah masyarakat nantinya.

"Ibu rumah tangga akan kesulitan bila kami tidak mulai menyiapkan substitutifnya," ujar Gubernur Anies, Rabu (3/1). Apa kamu termasuk salah satu yang disurvei di atas, Dreamers?

(rei)

  • HOT !
    Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT....
  • HOT !
    Berbagai hal menarik terjadi dalam debat cawapres malam tadi (17/3), di mana kedua calon wakil presiden 2019 saling beradu visi misi. Salah satu yang menarik untuk disorot adalah jumlah kata yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno....
  • HOT !
    Debat Pilpres Ketiga akhirnya berhasil digelar pada Minggu (17/03/19) di Hotel Sultan Senayan. Pada kesempatan itu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebagai capres dihadapkan dengan pembahasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Selama debat yang berlangsung 2 jam itu, sejumlah janji dan pernyataan dilontarkan keduanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)