SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Deretan Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Naik Transjakarta

Jumat, 04 Januari 2019 11:28 by bellaevania | 1310 hits
Deretan Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Naik Transjakarta
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - TransJakarta bisa dibilang sukses menjadi moda transportasi massal di ibukota yang terkenal dengan kemacetannya. Beroperasi sejak tahun 2004, jumlah penumpang transjakarta terus melonjak dari tahun ke tahun. Di tahun 2018 saja, terdapat peningkatan sebesar 31 persen atau sekitar 45 juta orang.

Sebagai transportasi massal, ada beberapa hal yang patut diperhatikan bagi penumpang untuk menciptakan kenyamanan bersama. Yang pertama, mendahulukan penumpang turun. Karena terburu-buru, seringkali membuat kita tak sabar dan memaksa masuk terlebih dahulu. Tetapi hal ini malah memperlambat proses naik turun penumpang.

Yang kedua, tidak duduk di bangku semestinya. Di dalam Transjakarta, ada bangku khusus yaitu untuk wanita, bangku prioritas berwarna merah bagi orang tua, hingga bagian khusus kursi roda. Hal ini harus diperhatikan agar jangan sampai kita memakai hak penumpang lain yang lebih membutuhkan.

Jika sudah duduk di bangku yang semestinya, jangan lupa beri bangku pada penumpang prioritas. Apalagi jika bangku prioritas telah terisi penuh dan masih ada penumpang yang lebih layak untuk duduk. Sangat dibutuhkan kesadaran dan kebijakan dari para penumpang.

Baca juga: Sarana Prasarana TransJakarta Rusak Akibat Aksi 22 Mei, Simak Pengalihan Rutenya

Meski seringkali kondisi Transjakarta penuh terutama saat jam kerja, Penumpang juga dilarang duduk di lantai transjakarta. Hal ini justru akan menganggu bagi penumpang yang berdiri dan juga menganggu proses naik turunnya penumpang.

Pastikan juga meminimalisir saling dorong ketika Transjakarta dalam kondisi penuh. Sebisa mungkin cari posisi berdiri yang nyaman dengan berpegangan. Jika tak sengaja mendorong penumpang lain, lebih baik meminta maaf dan saling mengerti dengan kondisi Transjakarta yang sesak.

Selain itu dalam Transjakarta, juga ada larangan makan, minum, dan merokok hingga larangan membawa benda berbau menyengat dan hewan peliharaan. Hal ini tentunya bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan bagi penumpang.

Jagalah suasana kondusif dengan tidak mengobrol dan menelpon dengan suara keras agar tidak mengganggu penumpang lainnya. Pastikan memperhatikan hal-hal penting tersebut agar menjadi penumpang TransJakarta yang baik ya, Dreamers!

(bef)

  • HOT !
    Rekonsiliasi atau pertemuan antara dua kandidat calon presiden di Pemilu 2019 lalu, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto diharapkan oleh banyak pihak. Namun ternyata ada indikasi sejumlah pihak yang tak ingin momen damai itu terjadi....
  • HOT !
    Leonardo DiCaprio pada pertengahan Maret lalu mengkritik sampah plastik yang dihasilkan Indonesia lewat unggahan Instagram. Unggahan itu kembali dibahas setelah Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPST Bantargebang pada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto angkat bicara soal hal tersebut....
  • HOT !
    Presiden Joko Widodo yang berulang tahun 21 Juni kemarin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang ramai memberi selamat padanya, bahkan hingga merajai Trending Topic Dunia di Twitter. Jokowi juga mengaku tak pernah merayakan hari ulang tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)