SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pernyataan Kepolisian yang Pastikan 7 Kontainer Surat Suara Sudah Dicoblos Adalah Hoax

Kamis, 03 Januari 2019 17:11 by reinasoebisono | 1223 hits
Pernyataan Kepolisian yang Pastikan 7 Kontainer Surat Suara Sudah Dicoblos Adalah Hoax
Image source: Suara

DREAMERS.ID - Sebuah rekaman suara lelaki beredar di WhatsApp sukses buat heboh netizen. Pasalnya, rekaman itu memperdengarkan suara sang pria memberi informasi telah menemukan 70 juta surat suara sudah dicoblos pada gambar pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Dalam rekaman itu pula disebutkan jika surat suara tersebut dikirim dari Cina dan sudah disita TNI AL. Bergerak cepat, pihak kepolisian pun menyelidiki informasi yang hari ini ramai dibicarakan kedua kubu capres-cawapres Pemilu 2019.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam penyelidikan dan terkait pnemuan tujuh kontainer surat suara yang telah dicoblos di Tanjung Priok tersebut, dipastikan adalah berita bohong alias hoax.

Hal ini dipastikan karena belum ada surat suara yang dicetak, jadi tidak mungkin telah ada surat suara yang dicoblos. Argo juga mengatakan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan menuju lokasi untuk mengkroscek kebenaran informasi itu.

Baca juga: Begini Tahapan Polri Lakukan 'Patroli Siber' untuk Lacak Penyebaran Hoax di Grup WhatsApp

"Kemudian kapolres juga dengan Panwas sudah mengecek ke sana, tidak ada kontainer tersebut. Jadi berita itu tidak benar dan adalah hoaks," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, melansir Suara, Argo pun menghimbau masyarakat untuk tidak ikut menyebarkan informasi yang belum dipastikan kebenarannya, terlebih berita yang tak bisa dipertanggungjawabkan.

"Diimbau kepada msyarakat untuk arif dan saring dulu pemberitaan itu di cek betul sumbernya darimana. Apakah itu boleh dan bisa dishare atau tidak," singkat Argo.

(rei)

  • HOT !
    Rekonsiliasi atau pertemuan antara dua kandidat calon presiden di Pemilu 2019 lalu, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto diharapkan oleh banyak pihak. Namun ternyata ada indikasi sejumlah pihak yang tak ingin momen damai itu terjadi....
  • HOT !
    Leonardo DiCaprio pada pertengahan Maret lalu mengkritik sampah plastik yang dihasilkan Indonesia lewat unggahan Instagram. Unggahan itu kembali dibahas setelah Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPST Bantargebang pada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto angkat bicara soal hal tersebut....
  • HOT !
    Presiden Joko Widodo yang berulang tahun 21 Juni kemarin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang ramai memberi selamat padanya, bahkan hingga merajai Trending Topic Dunia di Twitter. Jokowi juga mengaku tak pernah merayakan hari ulang tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)