SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penuturan Kepala BMKG yang Akui Gagal Yakinkan Potensi hingga Indonesia Darurat Tsunami

Jumat, 28 Desember 2018 11:08 by reinasoebisono | 2183 hits
Penuturan Kepala BMKG yang Akui Gagal Yakinkan Potensi hingga Indonesia Darurat Tsunami
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Salah satu yang dipertanyakan dari bencana tsunami Banten-Lampung adalah bagaimana bisa prediksi bencana tidak terdeteksi hingga menyebabkan ratusan korban tewas. Alasannya, karena sebagian teknologi deteksi bencana sudah tertinggal dan perlu diperbarui bahkan ditambah.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Prof Dwikorita Karnawati yang baru menjabat awal November 2017 pun mengaku langsung mengaudit berbagai peralatan pendukung yang dimiliki lembaga tersebut, namun ada beberapa hambatan yang ditemukan.

"Padahal potensi ancaman tsunami di tanah air sebetulnya sudah dipetakan sejak 2001. Tapi di tengah keterbatasan anggaran negara, pengadaan berbagai peralatan deteksi dini itu harus melewat prosedur pengkajian dan pembahasan yang panjang," kata Dwikorita mengutip Detik yang mengangkat isu ‘Negeri Darurat Tsunami’.


Image source: Merdeka

BMKG sebenarnya telah mengajukan anggaran untuk membeli berbagai peralatan seusi skala prioritas pada Januari 2018 di mana sebulan kemudian, Presiden Joko Widodo menyetujui proposal tersebut. Pembahasan teknis di Bappenas pun telah selesai tapi masih ada pengkajian di Kementerian Keuangan.

Baca juga: Fenomena MJO Jadi Penyebab Cuaca Ektrem Belakangan Ini, Apakah Berbahaya?

"Harus saya akui, kami gagal meyakinkan bahwa potensi ancaman tsunami dan bencana lain itu nyata sehingga keberadaan berbagai peralatan untuk deteksi dini itu amat mendesak," kata Dwikorita. "Saya kalau melihat korban kemarin itu, duh... Kenapa kok kemarin kami tidak bisa meyakinkan itu harus dipasang segera,"

Dwikorita mengatakan dalam sistem birokrasi yang ada, semua pengadaan barang harus melalui kajian pembahasan, terlebih nilai peralatan tersebut juga sangat mahal. Ia juga mengakui jika tsunami pada Sabtu malam lalu memberikan pelajaran yang berharga.

"Ternyata bencana itu tak kenal prosedur, tidak mengenal administrasi. Yang dibutuhkan adalah kecepatan dan ketepatan," ujar Dwikorita menegaskan.

(rei)

  • HOT !
    Rekonsiliasi atau pertemuan antara dua kandidat calon presiden di Pemilu 2019 lalu, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto diharapkan oleh banyak pihak. Namun ternyata ada indikasi sejumlah pihak yang tak ingin momen damai itu terjadi....
  • HOT !
    Leonardo DiCaprio pada pertengahan Maret lalu mengkritik sampah plastik yang dihasilkan Indonesia lewat unggahan Instagram. Unggahan itu kembali dibahas setelah Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPST Bantargebang pada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto angkat bicara soal hal tersebut....
  • HOT !
    Presiden Joko Widodo yang berulang tahun 21 Juni kemarin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang ramai memberi selamat padanya, bahkan hingga merajai Trending Topic Dunia di Twitter. Jokowi juga mengaku tak pernah merayakan hari ulang tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)