SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Laut Indonesia Diprediksi Alami Gelombang Tinggi, Apakah Pantai Ancol Aman dari Bahaya Tsunami?

Kamis, 27 Desember 2018 12:34 by reinasoebisono | 4937 hits
Laut Indonesia Diprediksi Alami Gelombang Tinggi, Apakah Pantai Ancol Aman dari Bahaya Tsunami?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Bencana tsunami di kawasan Banten-Lampung pada akhir pekan lalu memicu pertanyaan apakah pantai-pantai kawasan lain aman dari terjangan bencana gelombang tinggi tersebut. Termasuk Pantai Ancol yang bersinggungan langsung dengan Ibu Kota DKI Jakarta.

Terlebih karena website resmi BMKG memberikan peringatan dini mengenai gelombang tinggi diprediksi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di wilayah Selatan Sumatera, Selatan Jawa, Utara Kalimantan, Utara Sulawesi hingga Utara Papua.

Sementara di wilayah utara Jawa diprediksi mengalami slight sea alias gelombang antara 0.5-1.25 meter, lansir IDN Times. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memastikan Pantai Ancol tidak berpengaruh dengan adanya aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau.

“Tsunami Selat Sunda tidak akan sampai ke Ancol. Jika gelombang tinggi itu pengaruh dari cuaca dan laut. Info gelombang dapat melihat website BMKG,” ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya.


Image source: Unsplash

Meski pun begitu, manajemen Ancol telah mempersiapkan antisipasi yaitu prosedur standar operasional terkait keadaan darurat seperti terjadi bencana alam. Para lifeguard akan selalu memberi peringatan pada pengunjung dengan pengeras suara.

Serta memperhatikan batas aman berenang, termasuk mengawasi anak-anak yang tengah berenang. Petugas keamanan juga bersiap di sekitar pantai muntuk mengarahkan pengunjung ke titik kumpul dan lokasi yang lebih aman jika terjadi kondisi darurat.

“Keamanan dan kenyamanan pengunjung dalam berekreasi merupakan prioritas bagi kami. Untuk itu kami selalu berupaya yang terbaik dan mempersiapkan, apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan,” ujar Vice President Taman Impian Jaya Ancol Sunarto.

Ancol sendiri memang masih menjadi salah satu destinasi liburan keluarga oleh masyarakat. Mulai dari libur Natal kemarin hingga diprediksi melonjak di liburan Tahun Baru yang dimulai akhir pekan ini.

Titik kumpul yang tersebar di kawasan Ancol Taman Impian di antaranya kawasan parkir carnaval, parkir sentral atau tengah, parkir timur, parkir Allianz Ecopark dan parkir Dufan. Selain itu, seluruh gerbang Ancol digunakan sebagai jalur evakuasi jika dalam keadaan darurat.

(rei)

  • HOT !
    Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT....
  • HOT !
    Berbagai hal menarik terjadi dalam debat cawapres malam tadi (17/3), di mana kedua calon wakil presiden 2019 saling beradu visi misi. Salah satu yang menarik untuk disorot adalah jumlah kata yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno....
  • HOT !
    Debat Pilpres Ketiga akhirnya berhasil digelar pada Minggu (17/03/19) di Hotel Sultan Senayan. Pada kesempatan itu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebagai capres dihadapkan dengan pembahasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Selama debat yang berlangsung 2 jam itu, sejumlah janji dan pernyataan dilontarkan keduanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)