SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jepang Darurat Tenaga Kerja Karena Kondisi Penduduknya Berubah Seperti Ini

Kamis, 27 Desember 2018 11:43 by reinasoebisono | 43724 hits
Jepang Darurat Tenaga Kerja Karena Kondisi Penduduknya Berubah Seperti Ini
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Negara maju seperti Jepang ternyata dikabarkan kekurangan tenaga kerja dan sangat membutuhkan hingga mengeluarkan solusi mempekerjakan imigran asing. Hal ini disebut karena kondisi penduduk Negeri Sakura itu yang berubah.

Salah satunya yang membuat darurat adalah jumlah manula atau orang tua yang semakin banyak. Karena bagaimana pun, tenaga kerja yang ideal adalah para pekerja yang masih berusia relatif muda. Dan hal ini membuat di setiap hotel, pusat perbelenjaan dan kafe Jepang mempekerjakan setidaknya satu imigran.

Demografi Jepang, melansir Detik, mengalami perubahan di mana masyarakatnya yang menua membengkak sementara kelompok mudanya menyusut. Belum lagi faktor pariwisata yang melesat jauh dan persiapan besar-besaran Olimpiade 2020 membuat Jepang sangat membutuhkan tenaga kerja.

Baca juga: Kondisi Mengenaskan Jasad Korban Pembakaran Studio KyoAni Jepang: Tertumpuk-tumpuk

Hingga pada 9 Desember lalu, parlemen Jepang menerima usulan Abe itu melalui perdebatan panjang. Jepang mempekerjakan pekerja migran dalam jumlah yang tak pernah mereka jalankan sebelumnya: 300 ribu pekerja asing dalam lima tahun ke depan, terhitung sejak April 2019.

Undang-undang itu disebut menjadi perubahan bersejarah di Jepang yang tentu akan mengubah beberapa generasi ke depan. Di mana orang tua Jepang bertambah, orang asing yang jadi pekerja pun makin banyak.

Dari data yang tercatat, hampir 30% pekerja asing di Jepang adalah warga Cina, disusul Vietnam Filipina dan Brasil. Populasi di Jepang juga dikabarkan berkurang hampir 1 juta orang sejak 2010-2015. Sementara di 2017 sendiri, jumlah populasinya berkurang 227 ribu orang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya....
  • HOT !
    Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia....
  • HOT !
    Pertemuan antara Joko Widodo sang presiden terpilih dan rivalnya di kontestasi Pilpres 2019 lalu membekas di ingatan. Pertemuan tanpa aba aba itu terjadi di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan dan berakhir dengan makan manis di salah satu mall di Jaksel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)