SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jepang Darurat Tenaga Kerja Karena Kondisi Penduduknya Berubah Seperti Ini

Kamis, 27 Desember 2018 11:43 by reinasoebisono | 43684 hits
Jepang Darurat Tenaga Kerja Karena Kondisi Penduduknya Berubah Seperti Ini
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Negara maju seperti Jepang ternyata dikabarkan kekurangan tenaga kerja dan sangat membutuhkan hingga mengeluarkan solusi mempekerjakan imigran asing. Hal ini disebut karena kondisi penduduk Negeri Sakura itu yang berubah.

Salah satunya yang membuat darurat adalah jumlah manula atau orang tua yang semakin banyak. Karena bagaimana pun, tenaga kerja yang ideal adalah para pekerja yang masih berusia relatif muda. Dan hal ini membuat di setiap hotel, pusat perbelenjaan dan kafe Jepang mempekerjakan setidaknya satu imigran.

Demografi Jepang, melansir Detik, mengalami perubahan di mana masyarakatnya yang menua membengkak sementara kelompok mudanya menyusut. Belum lagi faktor pariwisata yang melesat jauh dan persiapan besar-besaran Olimpiade 2020 membuat Jepang sangat membutuhkan tenaga kerja.

Baca juga: Rumor Syahrini-Reino Barack Menikah 27 Februari, Keluarga Terlihat Bertolak ke Jepang

Hingga pada 9 Desember lalu, parlemen Jepang menerima usulan Abe itu melalui perdebatan panjang. Jepang mempekerjakan pekerja migran dalam jumlah yang tak pernah mereka jalankan sebelumnya: 300 ribu pekerja asing dalam lima tahun ke depan, terhitung sejak April 2019.

Undang-undang itu disebut menjadi perubahan bersejarah di Jepang yang tentu akan mengubah beberapa generasi ke depan. Di mana orang tua Jepang bertambah, orang asing yang jadi pekerja pun makin banyak.

Dari data yang tercatat, hampir 30% pekerja asing di Jepang adalah warga Cina, disusul Vietnam Filipina dan Brasil. Populasi di Jepang juga dikabarkan berkurang hampir 1 juta orang sejak 2010-2015. Sementara di 2017 sendiri, jumlah populasinya berkurang 227 ribu orang.

(rei)

  • HOT !
    Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT....
  • HOT !
    Berbagai hal menarik terjadi dalam debat cawapres malam tadi (17/3), di mana kedua calon wakil presiden 2019 saling beradu visi misi. Salah satu yang menarik untuk disorot adalah jumlah kata yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno....
  • HOT !
    Debat Pilpres Ketiga akhirnya berhasil digelar pada Minggu (17/03/19) di Hotel Sultan Senayan. Pada kesempatan itu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebagai capres dihadapkan dengan pembahasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Selama debat yang berlangsung 2 jam itu, sejumlah janji dan pernyataan dilontarkan keduanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)