SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BNPB Beberkan Soal Gunung Anak Krakatau yang Tak Akan Meletus Seperti Pendahulunya Tahun 1883

Rabu, 26 Desember 2018 14:52 by reinasoebisono | 1715 hits
BNPB Beberkan Soal Gunung Anak Krakatau yang Tak Akan Meletus Seperti Pendahulunya Tahun 1883
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Erupsi Gunung Anak Krakatau diduga menjadi salah satu penyebab terjadinya tsunami di wilayah Selat Sunda pada hari Sabtu (22/12) yang hingga kini tercatat jumlah korban meninggal dunia meningkat menjadi 429 orang.

Tercatat pula 1.485 orang luka-luka dan 154 orang hilang, publik mulai khawatir tentang kemungkinan meletusnya Gunung Anak Krakatau seperti sejarahnya terdahulu yang memberikan efek dahsyat hingga puluhan ribu korban jatuh.

Namun hal itu ditepis oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho yang mengatakan Gunung Anak Krakatau tidak akan meletus seperti di tahun 1883.

Karena pada tahun tersebut, tiga gunung yang ada di selat Sunda lah yang meletus secara bersamaan. Yaitu Gunung Rakata, Gunung Danan dan Gunung Perbuwatan hingga membuat ketiganya habis.

"Gunung Anak Krakatau (magma) dapurnya tidak akan besar seperti sana (ketiga gunung terdahulu)," kata Sutopo di kantor BNPB, Utan Kayu, Jakarta Timur, Selasa (25/12). "Banyak para ahli mengatakan, untuk terjadi letusan yang besar masih diperlukan sekitar 500 tahun lagi ke depan," 

Via laman Kompas, meski hingga kini masih terus terjadi erupsi dari Gunung Anak Krakatau, statusnya masih berada di level waspada alias level 2. Sutopo pun meminta masyarakat jangan mudah termakan informasi hoax yang meresahkan.

"Jadi jangan percaya sejak tadi pagi banyak (kabar) beruntun bahwa status Gunung Anak Krakatau dinaikan menjadi siaga, tetap dalam hal ini statusnya waspada, dan erupsi Gunung Anak Krakatau sebenarnya berlangsung sejak Juni 2018 sampai hari ini," tutur Sutopo.

Lebih lanjut Sutopo menerangkan jika tipe Gunung Anak Krakatau adalah strombolian, alias gunung tersebut melontarkan lava pijar dan abu vulkanik secara terus menerus. Karena tipe tersebut, PVMBG menetapkan sepanjang 2 kilometer dari puncak kawah adalah zona berbahaya yang tak boleh ada aktivitas manusia.

(rei)

  • HOT !
    Rekonsiliasi atau pertemuan antara dua kandidat calon presiden di Pemilu 2019 lalu, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto diharapkan oleh banyak pihak. Namun ternyata ada indikasi sejumlah pihak yang tak ingin momen damai itu terjadi....
  • HOT !
    Leonardo DiCaprio pada pertengahan Maret lalu mengkritik sampah plastik yang dihasilkan Indonesia lewat unggahan Instagram. Unggahan itu kembali dibahas setelah Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPST Bantargebang pada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto angkat bicara soal hal tersebut....
  • HOT !
    Presiden Joko Widodo yang berulang tahun 21 Juni kemarin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang ramai memberi selamat padanya, bahkan hingga merajai Trending Topic Dunia di Twitter. Jokowi juga mengaku tak pernah merayakan hari ulang tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)