home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berawal dari Petisi, KPI Beri Peringatan Keras ke 11 Stasiun TV yang Tayangkan Iklan BLACKPINK

Selasa, 11 Desember 2018 22:19 by muthiasp | 1573 hits
Berawal dari Petisi, KPI Beri Peringatan Keras ke 11 Stasiun TV yang Tayangkan Iklan BLACKPINK
Image source: Shopee

DREAMERS.ID - Baru-baru ini, nama BLACKPINK menjadi perbincangan hangat usai muncul petisi boikot terhadap iklannya dengan salah satu e-commerce, Shopee. Petisi itu pun sampai di meja diskusi KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) hingga secara resmi mengeluarkan teguran keras.

Pada Selasa (11/12), KPI merilis pernyataan resmi melalui situsnya yang menyebutkan bahwa telah melayangkan peringatan keras kepada 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan Shopee Blackpink dan acara “Shopee Road to 12.12 Birthday Sale”, yaitu Trans TV, RCTI, RTV, MNC TV, Indosiar, TV One, ANTV, Trans7, GTV, NET, dan SCTV.

Hal itu karena iklannya dinilai tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap norma kesopanan yang diatur dalam P3SPS dan berpotensi melanggar Pasal 9 Ayat (1) SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung oleh keberagaman khalayak terkait budaya.

Baca juga: Biaya Perpanjangan Kontrak BLACKPINK dengan YGE Ditaksir Mencapai Ratusan Miliar

“Surat peringatan juga ditembuskan pada Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) agar sesuai dengan MoU yang pernah ditanda-tangani bersama KPI,  P3I melakukan pengawasan dan evaluasi iklan agar sesuai dengan etika pariwara dan norma yang berlaku di masyarakat,” jelas Hardly Stefano, Komisioner sekaligus Koordinator Bidang Isi Siaran KPI Pusat.

Lebih lanjut, Hardly memperingati para stasiun televisi agar mengindahkan tegurannya, “Jika kami masih menemukan tayangan yang sama sebagaimana dimaksud dalam surat peringatan, KPI akan menjatuhkan sanksi sesuai dengan regulasi yang ada,” tegasnya.

KPI pun meminta agar produsen lebih berhati-hati lagi dalam membuat iklan, sehingga tidak menimbulkan persepsi negatif terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. 

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)