SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berawal dari Petisi, KPI Beri Peringatan Keras ke 11 Stasiun TV yang Tayangkan Iklan BLACKPINK

Selasa, 11 Desember 2018 22:19 by muthiasp | 1425 hits
Berawal dari Petisi, KPI Beri Peringatan Keras ke 11 Stasiun TV yang Tayangkan Iklan BLACKPINK
Image source: Shopee

DREAMERS.ID - Baru-baru ini, nama BLACKPINK menjadi perbincangan hangat usai muncul petisi boikot terhadap iklannya dengan salah satu e-commerce, Shopee. Petisi itu pun sampai di meja diskusi KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) hingga secara resmi mengeluarkan teguran keras.

Pada Selasa (11/12), KPI merilis pernyataan resmi melalui situsnya yang menyebutkan bahwa telah melayangkan peringatan keras kepada 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan Shopee Blackpink dan acara “Shopee Road to 12.12 Birthday Sale”, yaitu Trans TV, RCTI, RTV, MNC TV, Indosiar, TV One, ANTV, Trans7, GTV, NET, dan SCTV.

Hal itu karena iklannya dinilai tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap norma kesopanan yang diatur dalam P3SPS dan berpotensi melanggar Pasal 9 Ayat (1) SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung oleh keberagaman khalayak terkait budaya.

Baca juga: BLACKPINK Bukaa-bukaan Soal Peran Member dalam Grup dan Proses Kreatif Bermusik

“Surat peringatan juga ditembuskan pada Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) agar sesuai dengan MoU yang pernah ditanda-tangani bersama KPI,  P3I melakukan pengawasan dan evaluasi iklan agar sesuai dengan etika pariwara dan norma yang berlaku di masyarakat,” jelas Hardly Stefano, Komisioner sekaligus Koordinator Bidang Isi Siaran KPI Pusat.

Lebih lanjut, Hardly memperingati para stasiun televisi agar mengindahkan tegurannya, “Jika kami masih menemukan tayangan yang sama sebagaimana dimaksud dalam surat peringatan, KPI akan menjatuhkan sanksi sesuai dengan regulasi yang ada,” tegasnya.

KPI pun meminta agar produsen lebih berhati-hati lagi dalam membuat iklan, sehingga tidak menimbulkan persepsi negatif terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. 

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Dilansir dari KBS News, jumlah kasus virus corona di Korea Selatan terus bertambah. Hari ini Kamis (27/02) terdapat 334 kasus baru, karena hal ini, total kasus virus corona di Korea Selatan telah mencapai 1.595 kasus....
  • HOT !
    Sebelumya Korea Selatan telah mengumumkan bahwa telah terdapat 1.146 kasus virus corona, yang terus meningkat sejak hari Minggu (23/02). Hingga saat ini sudah terdapat 12 orang meninggal akibat virus corona di Korea Selatan....
  • HOT !
    Pada Senin (24/02), Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menjelaskan, bahwa saat ini terdapat sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang dirawat di Jepang karena positif terkena virus corona. Setelah sebelumnya, dikabarkan terdapat 4 orang dari Kapal Diamond Princess yang positif terjangkit virus....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)