SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Temuan Baru Gempa Palu-Donggala Akan Ungkap Fakta Sebenarnya Penyebab Tsunami Besar?

Kamis, 13 Desember 2018 12:37 by reinasoebisono | 8400 hits
Temuan Baru Gempa Palu-Donggala Akan Ungkap Fakta Sebenarnya Penyebab Tsunami Besar?
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Temuan baru dari fenomena gempa yang berujung tsunami di Palu dan sekitarnya, Sulwesi Tengah, akhir September lalu nampaknya akan membuat ilmuwan mengungkap pemahaman seutuhnya soal petunjuk bencana tersebut.

Temuan terbaru tersebut didapat dari survei di pesisir pantai Kota Pau yang menunjukkan penurunan dasar laut secara signifikan setelah gempa berkekuatan 7.8 Skala Richter mengguncang kawasan tersebut.

Yang terjadi pada 28 September jelang magrib adalah gempa terjadi pada patahan sesar geser atau strike-slip fault di mana dua lempengan bumi berbenturan dan salah satu lempeng terus bergeser secara horisontal. Anehnya, konfigurasi ini umumnya tidak menyebabkan tsunami besar seperti yang terjadi selanjutnya.

"Ketika kami mencocokkan data bathymetric sebelum dan sesudah (tsunami), kami bisa melihat bahwa hampir semua bagian dasar laut di dalam teluk menjadi anjlok. Dan dari data ini, kami juga bisa memantau (pergerakan) ke utara. Dengan demikian, sebenarnya, ada pergeseran vertikal dan horisontal," kata Udrekh Al Hanif kepada BBC.

Baca juga: Fakta Sesar Lembang yang Jurnal Ilmiahnya Baru Dirilis Beresiko Tinggi Sebabkan Gempa di Bandung

Meski masih dipertanyakan, masih ada bukti pada data yang menunjukkan adanya longsor bawah air yang bisa jadi faktor penentu. Kemungkinan lainnya adalah gerakan dasar laut yang mengarah ke atas di sebuah kawasan dekat Palu.

"Kejadian ini sangat tidak umum, namun tektonik memberitahu kita bahwa ini bisa terjadi lagi," kata Finn Lvholt from the Norwegian Geotechnical Institute. "Memang ini bukan kejadian pertama di Palu. Mungkin ini kejadian ketiga atau keempat yang menimbulkan banyak korban. Ada kejadian yang mirip pada 1960-an dan 1920-an."

"Tsunami ini tiba dengan sangat cepat, hanya dalam beberapa menit," ujar Hermann Fritz, dari Georgia Institute of Technology di Amerika Serikat.

"Akibatnya tidak ada waktu untuk peringatan. Itu sangat berbeda dari Jepang (pada 2011), yang ada banyak waktu, lebih dari 30 menit sampai orang pertama meninggal akibat tsunami. Itulah tantangan pada tsunami lokal ini, orang harus mengevakuasi sendiri."

(rei)

  • HOT !
    Seperti yang diberitakan sebelumnya, Mahkamah Konstitusi atau MK akan membacakan putusan dari gugatan hasil Pilpres yang dilayangkan kubu paslon nomor urut 02, Prabowo Sandiaga pada 27 Juni besok. Namun Prabowo Subianto sebagai penggugat sempat ke Eropa dan belum ada kabar kapan akan pulang....
  • HOT !
    Mahkamah Konstitusi (MK) akan memberi keputusan soal sengketa Pilpres 2019 pada 27 Juni mendatang. Di tengah penantian pngumuman itu, muncul isu dari Partai Gerindra dan Prabowo Subianto dimungkinkan merapat ke pihak Joko Widodo....
  • HOT !
    Puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke 492 Ibu Kota DKI Jakarta pada 22 Juni 2019. Demi memperlancar akses dan lalu lintas sekitar, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI telah menyiapkan tiga kantong parkir....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)