home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Tersangka Penjual Blangko e-KTP Secara Online Anak Pejabat?

Selasa, 11 Desember 2018 17:46 by reinasoebisono | 1060 hits
Ternyata Tersangka Penjual Blangko e-KTP Secara Online Anak Pejabat?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Ramai kasus banyaknya e-KTP tercecer dan bersifat ilegal. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata kartu tanda penduduk elektronik itu diperjual belikan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Kepolisian Daerah Metro Jaya pun bergerak cepat menangkap pelaku penjualan blangko e-KTP tersebut.

"Kemarin tanggal 10 Desember 2018 kita sudah menangkap pelakunya di Lampung Inisial NID," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono.

Ditelusuri via laman IDN Times, tersangka NID diketahui adalah anak dari pejabat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Cara kerjanya, ia menjual blangko ilegal tersebut via media online.

"Jadi awalnya bahwa yang bersangkutan ini meminta mengambil blangko e-KTP tanpa izin dari orang tuanya kemudian dia browsing atau dia jual di media online," terang Argo.

Baca juga: Asyik! Perpanjang SIM B Kini Bisa Di Mana Saja, Ini Syaratnya

Mendapat jeratan pasal berlapis, pihak Polda Metro Jaya kini tengah mendalami motif NID menjual blangko e-KTP tersebut dengan harga Rp 50 ribu per lembar. Di mana ia sudah sempat menyebarkan 10 eksemplar.

Menanggapi kasus ini, Kementerian Dalam Negeri menampik jika diklaim pengamanan terkait e-KTP lemah. Sebelumnya, ramai diperbincangkan jika sistem pengamanan e-KTP telah jebol karena adanya praktik jual-beli blangko e-KTP di pasaran.

"Tidak benar ada pemberitaan yang mengatakan sistem pengamanan KTP elektronik jebol," ujar Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pihak kepolisian mengerahkan anjing pelacak K9 untuk melacak jejak pelaku pembunuhan editor Metro TV, Yodi Prabowo, di pinggir jalan Tol JORR, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dengan dilakukannya dua kali pelacakan, anjing K9 itu berhenti di satu tempat....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan yang kini lebih ingin akrab disapa BTP buka bukaan soal proses perceraiannya dengan mantan istri, Veronica Tan yang ia sayangkan namun sudah dipersiapkan memang akan mendapat banyak tudingan miring dari orang banyak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)