home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Miris! Ketika Peraih 'Revolusi Mental Award' Justru Jadi Tersangka Korupsi KPK

Selasa, 11 Desember 2018 11:17 by reinasoebisono | 877 hits
Miris! Ketika Peraih 'Revolusi Mental Award' Justru Jadi Tersangka Korupsi KPK
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Slogan ‘Revolusi Mental’ sempat santer digaungkan sebagai semangat perubahan mental bangsa yang menjadi lebih baik. Salah satu mental yang ingin dirubah adalah perilaku korupsi yang merajalela di setiap pemerintahan.

Hingga diadakan penghargaan kepada para tokoh yang dianggap memiliki andil dalam merubah atau memberi contoh revolusi mental tersebut, justru kini menjadi tersangka kasus korupsi di KPK. Dialah Direktur Utama Perum Jasa Tirta II, Djoko Saputro.

Ia menjadi tersangka KPK terkait kasus korupsi pengadaan pekerjaan jasa konsultasi. Padahal sebelumnya, Djoko Saputro pernah meraih penghargaan Revolusi Mental Award sebagai salah satu The Best Leader.


Djoko Saputro (Detik)

Baca juga: Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo Oleh KPK

Penghargaan itu belum lama ia dapatkan, tepatnya pada 25 April 2018 di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Penghargaan itu diberikan dalam rangka mengukur dan mengapresiasi implementasi revolusi mental di lembaga pemerintahan, kementerian, dan BUMN. Revolusi Mental Awards 2018 diadakan oleh Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dan BUMN Track. 

Hampir delapan bulan setelahnya, melansir Detik, Djoko ditetapkan jadi tersangka karena diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp 3.6 miliar. Kasus berawal pada 2016 ketika Djoko diminta merelokasi anggaran.

Djoko dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. KPK pun sudah menggeledah sejumlah lokasi dan memeriksa saksi-saksi dalam perkara ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)