SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pertimbangan Kepolisian Tidak Tahan Habib Bahar bin Smith Meski Jadi Tersangka Dugaan Diskriminasi

Jumat, 07 Desember 2018 10:05 by reinasoebisono | 1163 hits
Pertimbangan Kepolisian Tidak Tahan Habib Bahar bin Smith Meski Jadi Tersangka Dugaan Diskriminasi
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Ulama Habib Bahar bin Smith (HBS) belakangan viral karena ceramahnya yang beredar di media sosial menyinggung Presiden Jokowi yang dinilai tidak pantas. Kini penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri telah menetapkan HBS sebagai tersangka.

Pria berambut gondrong itu menjadi tersangka kasus dugaan diskriminasi ras dan etnis, namun melansir Detik, polisi tidak menahan dirinya yang didasari dengan tiga pertimbangan. Yang pertama adalah pertimbangan subyektif tidak melarikan diri.

"HBS memang sudah tersangka, tapi tidak ditahan, pertimbangan subyektif penyidik adalah, pertama HBS tidak akan melarikan diri," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono di Mabes Polri.

Pertimbangan kedua adalah karena HBS diyakini tidak akan mengulangi perbuatannya. Sedangkan pertimbangan ketiga dari penyidik adalah yakin jika Habib Bahar tidak menghilangkan barang bukti karena kooperatif selama pemeriksaan.

Baca juga: Cerita Sedih Wanita-wanita Korea Selatan yang Dapat Diskriminasi Pekerjaan Karena Anak

"Kemungkinan dia ditahan jika menurut penyidik melanggar ketiga hal tersebut," ujarnya.

Dari pihak HBS sendiri, pengacara Aziz Yanuar mengatakan kliennya ditetapkan tersangka terkait sangkaan pasal 4 b butir kedua UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Diskriminasi Ras dan Etnis. Tim pengacara pun akan berdiskusi terlebih dulu untuk menyikapi status tersebut.

"Habib enggak ada respons yang bagaimana-bagaimana karena memang kooperatif dan memang bersedia mempertanggungjawabkan perbuatannya," ujar Aziz.

"Tadi sudah dibantah sama Habib (soal hate speech). Keterangan-keterangan terkait hate speech itu mayoritas berisi majas. Habib mengisi ceramah itu mengandung unsur keagamaan, unsur agama Islam, dan harus dilihat dari agama Islam kan," kata Aziz.

(rei)

  • HOT !
    Aksi pengeboman sadis yang terjadi di Sri Lanka menewaskan banyak orang, tak hanya warga lokal melainkan juga turis Asing. Baru baru ini dilaporkan ada tiga anak konglomerat asal Denmark yang juga tewas dalam insiden tersebut....
  • HOT !
    Siapapun bisa mencalonkan diri sebagai pemimpin, bahkan presiden negaranya. Hal unik terjadi di Ukraina, Volodymyr Zelenskiy merupakan seorang komedian berhasil memenangkan Pemilu pada putaran kedua melawan Calon Presiden petahanan Petro Poroshenko....
  • HOT !
    Maraknya hasil pemilu yang beredar pada berbagai survey quick count di media, serta klaim kemenangan yang dilayangkan kandidat capres dan cawapres dapat berpengaruh pada situasi kondusif dan kebenaran atau fakta hasil pemilu 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)