SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rahasia Orang Jepang Super Tertib Naik Kereta, Bisa Diterapkan di MRT Indonesia?

Selasa, 04 Desember 2018 13:28 by reinasoebisono | 820 hits
Rahasia Orang Jepang Super Tertib Naik Kereta, Bisa Diterapkan di MRT Indonesia?
Image source: Malay Mail

DREAMERS.ID - Orang Jepang terkenal dengan kedisplinannya tak hanya dalam pekerjaan, namun juga saat berkendara atau menaiki angkutan umum. Jika sebelumnya telah dijelasnya bagaimana masyarakat Jepang ‘dipaksa’ menyukai angkutan umum, kini ada ulasan lebih detail dari transportasi favorit mereka, kereta.

Tak ada pemandangan semrawut seperti yang terlihat sehari-hari di kawasan Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi di jam-jam sibuk. Dan sebentar lagi Ibu Kota DKI Jakarta akan menyambut MRT yang membuat penasaran dari fasilitas maupun sistem manajemennya.

Namun di Jepang, para pengguna kereta telah diatur sedemikian rupa sehingga tidak terlihat semrawut meski pergerakan manusianya sangat cepat. Contohnya di Stasiun Subway Yokohama, melansir Kompas, pengelola stasiun membuat garis-garis menjadi tanda calon penumpang harus menunggu sesuai garis tersebut.


Image source: Kompas

Hal ini cukup berguna karena membantu mengatur pergerakan penumpang terutama ketika ada yang turun karena telah berbaris rapi mengikuti pola garis. Di sisi lain, petugas juga selalu mengingatkan penumpang agar mengikuti garis tunggu via pengeras suara.

"Dan aturan ini harus dipatuhi terutama saat jam-jam sibuk agar tidak terjadi tabrakkan," tutur Deputi Direktur Management Station Office Yokohama Municipal Subway, Nakano 

Baca juga: MRT Buka Kesempatan UMKM Isi Lapak di Stasiun dengan Biaya Sewa per Bulan

Ada pula guidance block yang memudahkan penyandang disabilitas saat hendak turun atau naik kereta. Hal ini sebenarnya sudah banyak dibuat di Indonesia, seperti di halte TransJakarta atau trotoar ibu kota.


Image source: Kompas

Di Jepang juga ada aturan khusus yang ahrus diikuti ketika berada di dalam kereta. Contohnya adalah tidak boleh makan dan minum saat kondisi kereta penuh. Mengutamakan penumpang prioritas seperti penyandang disabilitas, orang tua dan ibu hamil, serta laranganmendengarkan musik dengan volume tinggi hingga berdiri di depan pintu.

Ada pula gerbong khusus yang menyediakan ruangan untuk wanita dengan anak-anak yang membawa kereta bayi atau stroller. Dan jangan lupakan aturan berjalan di eskalator atau anak tangga. Jika kamu ingin berjalan santai, harus menggunakan sisi sebelah kiri. Sementara sisi kanan ditujukan untuk penumpang yang ingin mendahului atau berjalan lebih cepat.

Namun harus diingat, berhasil atau tidaknya penerapan aturan juga tergantung dari kesadaran masyarakat untuk mematuhinya. Meski pemerintah dan operator dapat menyiapkan banyak aturan, tapi jika masyarakat tidak menerapkannya dengan tertib semua akan sia-sia.

(rei)

  • HOT !
    Kini, hijab dan busana muslim telah ambil bagian di industri mode dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin modern dan variatif model modest wear yang ditawarkan oleh para desainer. Untuk itu, hijab dan busana muslim tak hanya dijadikan sebagai identitas semata....
  • HOT !
    Belakangan publik diresahkan oleh beredarnya foto foto serta video yang memperlihatkan sekelompok pemuda atau geng motor yang berkumpul di pinggir jalan beramai ramai dengan membawa senjata tajam. Dokumentasi ini menjadi viral di media sosial beberapa hari terakhir....
  • HOT !
    Aktivitas di media sosial bisa berimbas terlalu buruk pada seseorang, baik secara psikis bahkan secara fisik. Fitur fitur di dalamnya memang sebaiknya dipergunakan untuk hal yang baik dan jauh dari hal negatif....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)