home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Dianggap Sepele, Ingatan Seseorang Tentang 'Body Shaming' Bisa Sampai Puluhan Tahun!

Kamis, 22 November 2018 17:00 by noudi0501 | 2644 hits
Jangan Dianggap Sepele, Ingatan Seseorang Tentang 'Body Shaming' Bisa Sampai Puluhan Tahun!
Image source: wanita.me

DREAMERS.ID - Kenangan indah dalam ingatan seseorang pasti tidak akan pernah hilang. Seperti lagu favorit saat di bangku sekolah, pertama kali berwisata bersama keluarga, dan masih banyak lagi. Kenangan layaknya menjadi kapsul waktu yang manis untuk kehidupan. Tetapi bagaimana jika itu kenangan, seperti tentang body shaming?

Brynn Johnson, motivator yang mengkhususkan diri pada body image, diet dan pengembangan diri mengungkapkan bahwa sebuah ingatan tentang body shaming masih akan melekat erat dan menghantui sampai 20 tahun kemudian.

"Saat itu saya duduk di luar menunggu ibu yang menjemput setelah latihan basket. Minum kola diet. Seorang anak laki-laki yang lewat berkata,'dengan paha seperti itu saya tahu kenapa kamu minum soda diet,'," kata Johnson mengenang dikutip dari Psychology Today. 

"Saya duduk diam tanpa berkata. Saat ibu datang saya tak bicarakan itu. Rasa malu itu terasa begitu melumpuhkan sehingga saya bahkan tak bisa membicarakannya."

Dia mengungkapkan ada banyak orang yang beranggapan bahwa ingatan tentang body shaming tampak seperti ingatan yang relatif tak berbahaya. Namun untuk dia dan beebrapa orang lain, ingatan tentang body shaming masih bisa membuat mereka malu dan merasa kesal.

Penelitian menunjukkan bahwa pengalaman memalukan soal body shaming akan sangat memengaruhi citra tubuh seseorang saat ini. Kenangan akan kritik tubuh bisa 'bersarang' jauh di dalam hati dan bisa mendorong masalah makan.

Baca juga: Foto Pakai Tank Top Ketat Tersebar, Billie Eilish Pukul Balik Komentar Body Shaming

Ada sebuah studi tahun 2017 mengaitkan tentang memori body shaming dengan tingkat keparahan makan berlebih atau binge eating disorder.

Kritik tentang tubuh seseorang bisa terasa menyakitkan dan traumatis. Kenangan memalukan ini bisa bisa menjadi sebuah trauma kecil yang terus 'berkedip' dalam pikiran seseorang dan menyebabkan rasa sakit yang mengganggu. 

Beberapa orang menggunakan makanan sebagai cara untuk menenangkan, mengalihkan perhatian, dan menghilangkan rasa sakitnya. Namun sebagian lainnya memilih untuk tak mau makan untuk 'melawan.'

Hanya saja dia mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk menghilangkan efek sisa malu dan kenangan buruk soal body shaming ini adalah dengan menghadapi dan melepaskannya.

Tak bisa dipungkiri, menghadapi body shaming adalah salah satu pengalaman menyakitkan yang bisa dialami seseorang, terutama perempuan muda. Namun jangan menolak dan mengabaikan rasa sakit tersebut.  Menolak dan mengabaikannya hanya akan membuat perasaan semakin sakit.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)