home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pernyataan Prabowo Soal Air Laut Bisa Sampai Bundaran HI Dibenarkan oleh Menteri PUPR?

Kamis, 22 November 2018 10:00 by reinasoebisono | 1359 hits
Pernyataan Prabowo Soal Air Laut Bisa Sampai Bundaran HI Dibenarkan oleh Menteri PUPR?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto sempat mengungkapkan jika suatu saat air laut akan mencapai Bundaran HI karena permukaan air naik terus 5 cm setiap tahun karena defisit air bersih di dunia dan perubahan iklim.

"United Nations (UN) memprediksi bahwa air dari Tanjung Priok di 2025 akan sampai di (Hotel) Kempinski, di Grand Hyatt. Air dari Tanjung Priok akan sampai Bundaran HI, permukaan air terus naik 5 cm setiap tahun," kata Prabowo, Rabu (21/11).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pun angkat bicara dan membenarkan pernyataan Prabowo berdasarkan data PBB tersebut. Karena berdasarkan data pula ada penurunan permukaan tanah di Jakarta Utara 10-12 cm per tahun.

Baca juga: 'Belanja Aneh' Menhan Prabowo, Ada Dorongan Dari Presiden Jokowi?

"Kan saya pernah bilang dulu 15 tahun lagi akan tenggelam, atau kita harus bikin tanggul karena tidak ada satupun sungai di Jakarta yang bisa mengaliri ke laut dengan kecepatan penurunan tanah 10-13 cm per tahun," kata Basuki.

"NCICD (National Capital Integrated Coastal Development) itu tanggul laut, itu betul Pak Prabowo kalau menurut hitungan, makanya ada istilah NCICD sebagai protection, jadi bukan untuk banjir atau untuk apa, tapi penanggulangan lingkungan," tambah dia.

Selain itu, Basuki turut mengungkapkan jika kebiasaan masyarakat DKI Jakarta dan gedung-gedung tingginya menggunakan air tanah menjadi penyebab utama turunnya permukaan tanah. Karena itu pembangunan tanggu sudah jadi kebutuhan yang harus dilakukan agar Jakarta tidak tenggelam.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)