home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bagaimana Bisa Guncangan Gempa 6.7 SR Fiji Tak Dirasakan oleh Warganya?

Senin, 19 November 2018 17:03 by reinasoebisono | 4873 hits
Bagaimana Bisa Guncangan Gempa 6.7 SR Fiji Tak Dirasakan oleh Warganya?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Lindu atau gempa berkekuatan di atas 6 Skala Richter umumnya mengakibatkan kerusakan bahkan tsunami di Indonesia. Namun ada fenomena tak biasa yang mengguncang lepas pantai Fiji pada Senin (19/11) hari ini waktu setempat.

Melansir via Liputan6, lepas pantai Fiji mengalami gempa bermagnitudo 6.7 SR. Namun penduduk setempat mengatakan mereka tidak merasakan adanya guncangan meski kekuatan gempa disebut cukup besar. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga mengatakan tidak ada ancaman tsunami dari gempa yang terjadi pada pukul 09.25 pagi waktu setempat.

Daerah ini memang tercatat rawan gempa bumi bawah laut. Tercatat sebelumnya dua bulan lalu Fiji juga diguncang gempa berkekuatan 7.8 SR. Badan Survei Geologi Amerika Serikat pun mengungkapkan alasan mengapa gempa kali ini tidak terasa oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Karena pasalnya, pusat gempa terlalu dalam untuk menyebabkan kerusakan, tepatnya di kedalaman 534 km dan 283 km sisi timur dari Ibu ota Suva. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga mengatakan tidak ada ancaman tsunami yang terjadi.

Fiji sendiri berada di dalam jalur Cincin Api (Ring of Fire), yaitu sebuah zona aktivitas tektonik di sekitar Pasifik yang sering terjadi gempa bumi dan letusan gunung berapi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)