home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Respon Ruhut Sitompul Soal Kisruhnya Kasus Sebutan 'Anak PKI' yang Menyeret Dilontarkannya

Senin, 19 November 2018 11:09 by reinasoebisono | 1103 hits
Respon Ruhut Sitompul Soal Kisruhnya Kasus Sebutan 'Anak PKI' yang Menyeret Dilontarkannya
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Peninjauan Kembali (PK) mantan anggota DPR Ruhut Sitompul perkara sebutan ‘Anak PKI’ telah ditolak Mahkamah Agung. Sehingga Ruhut didesak untuk segera melakukan permintaan maaf dengan sukarela.

Sebagai pengingat, kasus ini bermula ketika sekelompok orang menolak gelar pahlawan untukMantan Presiden Soeharto pada tahun 2011. Ruhut yang saat itu masih menjadi anggota DPR menyebut kelompok yang menolah gelar pahlawan itu dengan kalimat, "Yang tidak setuju Soeharto jadi pahlawan cuma anak PKI."

Pihak yang menolak gelar pahlawan pun tidak terima dengan ucapan tersebut, salah satunya adalah M Chozin Amirullah dan mengambil langkah hukum perdata ke pengadilan yang pada 17 November 2011 gugatannya ditolak oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Chozin pun melayangkan banding pada 16 Oktober 2012 di Pengadilan Tinggi Jakarta yang akhirnya Ruhut dinyatakan telah melakukan perbuatan melawan hukum atas ucapannya dan divonis merendahkan martabat serta kehormatan Chozin dkk.

Ruhut pun dihukum sebesar Rp 131.300 dan meminta maaf di dua media nasional dengan ukuran setengah halaman. Selanjutnya Ruhut mengajukan kasasi yang ditolaj oleh Mahkamah Agung. Begitu pula dengan peninjauan kembalinya yang ditolak.

Pihak Ruhut pun terlihat enggan berkomentar soal perkara ini dan kuasa hukumnya mengatakan tenagh menunggu salinan putusan penolakan PK dari Mahkamah Agung. Apakah nantinya Ruhut akan menjalankan keputusan MA?

"Kita belum terima putusan PK (Peninjauan Kembali). Mohon sabar ya," kata pengacara Ruhut, Hendra Karyangan. "Kita lihat dulu pertimbangan hukum putusan PK,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)