SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Di Jepang Perilaku Bunuh Diri Terjadi Paling Banyak di Hari Sibuk Ini

Senin, 12 November 2018 10:34 by reinasoebisono | 885 hits
Ternyata Di Jepang Perilaku Bunuh Diri Terjadi Paling Banyak di Hari Sibuk Ini
Image source: Asian Correspondent

DREAMERS.ID - Negeri Sakura, Jepang terkenal dengan kedisiplinannya. Namun selain itu, ada hal memprihatinkan yang juga dikenal sangat sering terjadi di Jepang, yaitu bunuh diri. Dan ternyata, ada kecenderungan masyarakat di sana untuk melakukan bunuh diri tergantung dari harinya.

Melansir Detik, sebuah penelitian menegaskan adanya istilah ‘I Hate Monday’ dengan segala kesibukan yang membuat stres di pagi hari dengan mengungkap tingginya angka bunuh diri di Jepang terjadi pada Senin pagi.

Sebanyak 873.000 kasus bunuh diri yang terdata di Jepang antara tahun 1974 hingga 2014 diteliti oleh par ailmuwan dari Waseda University dan OsakaUniversity. Tak sembarangan, mereka pun mengalisisnya dari berbagai sisi, mulai dari usia, jenis kelamin hingga waktu kejadian.

Yang dihasilkan, pria berusia 40-65 tahun paling banyak melakukan bunuh diri pada Senin pagi antara pukul 04.00 hingga 7.59 dengan puncak tertinggi di periode 1995-2014. Waktu tersebut diyakini adalah waktu ketika seseorang hendak berangkat kerja.

Baca juga: Unik Hingga Pecahkan Rekor, Pria Ini Lamar Kekasih Lewat Google Earth

Berdasarkan kutipan dari The Telegraph, angka unuh diri pada siang hari pada kelompok usia tersebut adalah 1.57 kali lipat lebih tinggi dibanding pada malam hari. Pada hari Senin, angka bunuh diri 1.55 kali lebih tinggi dibandingkan pada hari Sabtu.

Dari segi motivasinya sendiri, bunuh diri sering dilatarbelakangi oleh masalah kejiwaan seperti stres dan depresi. Sebuah organisasi di Inggris yang menyediakan layanan konseling kejiwaan yaitu Samaritans baru-baru ini membuat ampanye pencegahan bunuh diri yang dinamakan ‘Small Talk Saves Lives’.

Karena peran dari orang sekitar sangat berpengaruh pada mereka yang akan berbuat bunuh diri. Ketika orang tersebut menunjukkan tanda-tanda akan bunuh diri, seseorang dianjurkan berbuat sesuatu seperti mengajak bicara. Karena obrolan sesimpel apapun bisa mengalihkan seseorang dari pikiran untuk bunuh diri.

(rei)

  • HOT !
    Kini, hijab dan busana muslim telah ambil bagian di industri mode dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin modern dan variatif model modest wear yang ditawarkan oleh para desainer. Untuk itu, hijab dan busana muslim tak hanya dijadikan sebagai identitas semata....
  • HOT !
    Belakangan publik diresahkan oleh beredarnya foto foto serta video yang memperlihatkan sekelompok pemuda atau geng motor yang berkumpul di pinggir jalan beramai ramai dengan membawa senjata tajam. Dokumentasi ini menjadi viral di media sosial beberapa hari terakhir....
  • HOT !
    Aktivitas di media sosial bisa berimbas terlalu buruk pada seseorang, baik secara psikis bahkan secara fisik. Fitur fitur di dalamnya memang sebaiknya dipergunakan untuk hal yang baik dan jauh dari hal negatif....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)