SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awas Hoax! Beredar Kabar Gempa Susulan Sebesar 8.4 dan 7.5 Skala Richter

Jumat, 12 Oktober 2018 12:17 by reinasoebisono | 1489 hits
Awas Hoax! Beredar Kabar Gempa Susulan Sebesar 8.4 dan 7.5 Skala Richter
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Setelah Palu dan Donggala yang kini masih dalam tahap pemulihan, memang banyak terjadi gempa di beberapa daerah seperti Bulukumba dan Situbondo. Hari ini, banyak pesan berantai pula menginformasikan adanya gempa susulan yang justru lebih besar kekuatannya.

Broadcast pertama mencatut nama BMKG. Pesan berantai itu menyebut ada potensi gempa susulan M 7,5 tanpa menyebut lokasinya.  Pesan berantai itu dipastikan hoax. BMKG menegaskan tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. 

"#BMKG tidak pernah mengeluarkan pernyataan untuk keluar rumah di jam sekian-sekian karena akan ada gempa susulan dengan sekian magnitude. Sudah jelas itu #Hoax," tulis BMKG di Twitter, Jumat (12/10) mengutip Detik.

Baca juga: Pulau Inilah yang Terdampak Paling Parah Gempa 6.4 Skala Richter Situbondo

Ada pula pesan berantai yang cukup mengerikan dengan prediksi gempa susulan bermagnitudo 8.4 SR di Madura dengan kedalaman super dangkal, hanya 13 cm. Gempa ini disebut akan mengakibatkan guncangan dahsyat dan semburan air hangat.

 "Jika mendapatkan pesan seperti ini atau sejenisnya, baca pelan-pelan dan dihayati. Eh, waittt... Kedalaman: 13 CM??? Ini kedalaman gempa yang akan terjadi atau letupan mercon yang dikubur di tanah?  . Jelas dipastikan ini #Hoax. Tidak ada prediksi gempa sampai sedetail itu," ungkap BMKG di Twitter.

(rei)

  • HOT !
    Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali sejak 8 14 Oktober 2018. Sempat dikritik menghamburkan uang negara,gelaran akbar ini justru diklaim mendapat respon positif dari negara negara asing. ...
  • HOT !
    Partai Gerindra resmi mempolisikan aktivis Ratna Sarumpaet akibat kasus hoax penganiayaan yang menimpa dirinya. Gerindra menyebutkan bahwa itu merupakan risiko dari tindakan Ratna....
  • HOT !
    Dikarenakan hoax yang dibuat oleh Ratna Sarumpaet, Partai Golkar menyebutkan bahwa Prabowo Subianto dan tim suksesnya sudah kehilangan kredibilitas. Golkar mengungkit latar belakang Prabowo di dunia militer mengenai sikap atas kasus Ratna....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : eyua
Cast : Park Chanyeol , Do Kyungsoo , Kim Jongin , Oh Sehun , Kim Junmyeon , Byun Baekhyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)