SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awas Hoax! Beredar Kabar Gempa Susulan Sebesar 8.4 dan 7.5 Skala Richter

Jumat, 12 Oktober 2018 12:17 by reinasoebisono | 2674 hits
Awas Hoax! Beredar Kabar Gempa Susulan Sebesar 8.4 dan 7.5 Skala Richter
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Setelah Palu dan Donggala yang kini masih dalam tahap pemulihan, memang banyak terjadi gempa di beberapa daerah seperti Bulukumba dan Situbondo. Hari ini, banyak pesan berantai pula menginformasikan adanya gempa susulan yang justru lebih besar kekuatannya.

Broadcast pertama mencatut nama BMKG. Pesan berantai itu menyebut ada potensi gempa susulan M 7,5 tanpa menyebut lokasinya.  Pesan berantai itu dipastikan hoax. BMKG menegaskan tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. 

"#BMKG tidak pernah mengeluarkan pernyataan untuk keluar rumah di jam sekian-sekian karena akan ada gempa susulan dengan sekian magnitude. Sudah jelas itu #Hoax," tulis BMKG di Twitter, Jumat (12/10) mengutip Detik.

Baca juga: 'Lifechanger Concert' Bantu Dirikan Hunian Sementara bagi Korban Gempa Sigi dan Lombok Lewat Musik

Ada pula pesan berantai yang cukup mengerikan dengan prediksi gempa susulan bermagnitudo 8.4 SR di Madura dengan kedalaman super dangkal, hanya 13 cm. Gempa ini disebut akan mengakibatkan guncangan dahsyat dan semburan air hangat.

 "Jika mendapatkan pesan seperti ini atau sejenisnya, baca pelan-pelan dan dihayati. Eh, waittt... Kedalaman: 13 CM??? Ini kedalaman gempa yang akan terjadi atau letupan mercon yang dikubur di tanah?  . Jelas dipastikan ini #Hoax. Tidak ada prediksi gempa sampai sedetail itu," ungkap BMKG di Twitter.

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)