SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awas Hoax! Beredar Kabar Gempa Susulan Sebesar 8.4 dan 7.5 Skala Richter

Jumat, 12 Oktober 2018 12:17 by reinasoebisono | 2678 hits
Awas Hoax! Beredar Kabar Gempa Susulan Sebesar 8.4 dan 7.5 Skala Richter
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Setelah Palu dan Donggala yang kini masih dalam tahap pemulihan, memang banyak terjadi gempa di beberapa daerah seperti Bulukumba dan Situbondo. Hari ini, banyak pesan berantai pula menginformasikan adanya gempa susulan yang justru lebih besar kekuatannya.

Broadcast pertama mencatut nama BMKG. Pesan berantai itu menyebut ada potensi gempa susulan M 7,5 tanpa menyebut lokasinya.  Pesan berantai itu dipastikan hoax. BMKG menegaskan tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. 

"#BMKG tidak pernah mengeluarkan pernyataan untuk keluar rumah di jam sekian-sekian karena akan ada gempa susulan dengan sekian magnitude. Sudah jelas itu #Hoax," tulis BMKG di Twitter, Jumat (12/10) mengutip Detik.

Baca juga: 'Lifechanger Concert' Bantu Dirikan Hunian Sementara bagi Korban Gempa Sigi dan Lombok Lewat Musik

Ada pula pesan berantai yang cukup mengerikan dengan prediksi gempa susulan bermagnitudo 8.4 SR di Madura dengan kedalaman super dangkal, hanya 13 cm. Gempa ini disebut akan mengakibatkan guncangan dahsyat dan semburan air hangat.

 "Jika mendapatkan pesan seperti ini atau sejenisnya, baca pelan-pelan dan dihayati. Eh, waittt... Kedalaman: 13 CM??? Ini kedalaman gempa yang akan terjadi atau letupan mercon yang dikubur di tanah?  . Jelas dipastikan ini #Hoax. Tidak ada prediksi gempa sampai sedetail itu," ungkap BMKG di Twitter.

(rei)

  • HOT !
    Aksi pengeboman sadis yang terjadi di Sri Lanka menewaskan banyak orang, tak hanya warga lokal melainkan juga turis Asing. Baru baru ini dilaporkan ada tiga anak konglomerat asal Denmark yang juga tewas dalam insiden tersebut....
  • HOT !
    Siapapun bisa mencalonkan diri sebagai pemimpin, bahkan presiden negaranya. Hal unik terjadi di Ukraina, Volodymyr Zelenskiy merupakan seorang komedian berhasil memenangkan Pemilu pada putaran kedua melawan Calon Presiden petahanan Petro Poroshenko....
  • HOT !
    Maraknya hasil pemilu yang beredar pada berbagai survey quick count di media, serta klaim kemenangan yang dilayangkan kandidat capres dan cawapres dapat berpengaruh pada situasi kondusif dan kebenaran atau fakta hasil pemilu 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)