SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pahami dan Awasi Aturan Iklan Kampanye untuk Pemilu 2019

Rabu, 10 Oktober 2018 14:02 by sherleyyy | 1859 hits
Pahami dan Awasi Aturan Iklan Kampanye untuk Pemilu 2019
Image source: gatra.com

DREAMERS.ID - Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye.

Partai politik diberi waktu selama 21 hari untuk melakukan iklan kampanye di pelbagai media. Terdapat beberapa aturan terkait dengan iklan kampanye tersebut.

Aturan tersebut tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 Pasal 37 tentang kampanye. Dilansir dari detikcom pada Selasa (9/10), materi iklan kampanye tersebut berisi visi, misi, dan program peserta pemilu.

Baca juga: Sandiaga Uno Raih Rekor MURI dari Kampanye di Ribuan Titik di Indonesia

Materi iklan kampanye dapat dimuat berupa tulisan, gambar, hingga suara. Selain itu, KPU juga membatasi banyak dan durasi iklan kampanye tersebut. Tidak hanya itu, peserta pemilu juga dilarang untuk memasang iklan kampanye dalam bentuk berita.

“Mulai 24 Maret 2019 sampai 13 April 2019,” ujar komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Berikut ini pasal yang mengatur iklan kampanye di media massa:

Pasal 37 

(2) Materi Iklan Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit memuat visi, misi, dan program Peserta Pemilu. 

(3) Materi Iklan Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat berupa: 

a. tulisan; 
b. suara; 
c. gambar; dan/atau 
d. gabungan antara tulisan, suara, dan/atau gambar, yang bersifat naratif, grafis, karakter, interaktif atau tidak interaktif, serta yang dapat diterima melalui perangkat penerima pesan.

(4) Iklan Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibatasi maksimum secara kumulatif sebanyak: 

a. 8 (delapan) spot berdurasi paling lama 30 (tiga puluh) detik untuk setiap stasiun televisi setiap hari 
untuk iklan di televisi; 
b. 4 (empat) spot berdurasi paling lama 60 (enam puluh) detik untuk setiap stasiun radio setiap hari untuk iklan di radio; 
c. 810 (delapan ratus sepuluh) milimeter kolom atau 1 (satu) halaman untuk setiap media cetak setiap hari untuk iklan di media cetak; 
d. 1 (satu) banner untuk setiap media dalam jaringan setiap hari untuk iklan di media dalam jaringan; dan 
e. 1 (satu) spot berdurasi paling lama 30 (tiga puluh) detik untuk setiap media sosial setiap hari untuk iklan di media sosial.

(shy)

  • HOT !
    Warga Ibu Kota DKI Jakarta telah bekerja dan kembali beraktivitas seperti biasa. Sayangnya, aktivitas tersebut terhalang dan menjadi tidak nyaman karena efek gas air mata karena merasakan mata perih saat berada di jalanan....
  • HOT !
    Setelah sempat mereda dan kondusif, suasana di sekitar Tanah Abang kembali terusik. Tepatnya di Stasiun Tanah Abang di mana para warga akan memulai aktivitasnya, dilempari oleh oknum yang mengadakan aksi massa....
  • HOT !
    Sedikit lebih cepat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menuntasan rekapitulasi asional hasil Pilpres 2019. Di mana KPU menetapkan pasangan nomor urut 01, Jokowi Ma’ruf sebagai pemenang Pilpres 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : rosadelita_ps
Cast : - Jung Ayana - Jung Yunho - Shim Changmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)