SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pahami dan Awasi Aturan Iklan Kampanye untuk Pemilu 2019

Rabu, 10 Oktober 2018 14:02 by sherleyyy | 1849 hits
Pahami dan Awasi Aturan Iklan Kampanye untuk Pemilu 2019
Image source: gatra.com

DREAMERS.ID - Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye.

Partai politik diberi waktu selama 21 hari untuk melakukan iklan kampanye di pelbagai media. Terdapat beberapa aturan terkait dengan iklan kampanye tersebut.

Aturan tersebut tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 Pasal 37 tentang kampanye. Dilansir dari detikcom pada Selasa (9/10), materi iklan kampanye tersebut berisi visi, misi, dan program peserta pemilu.

Baca juga: Menyerahkan Diri dan Resmi Ditahan, Mandala Shoji Bantah Pernah Buron dan Tetap Ingin Nyaleg

Materi iklan kampanye dapat dimuat berupa tulisan, gambar, hingga suara. Selain itu, KPU juga membatasi banyak dan durasi iklan kampanye tersebut. Tidak hanya itu, peserta pemilu juga dilarang untuk memasang iklan kampanye dalam bentuk berita.

“Mulai 24 Maret 2019 sampai 13 April 2019,” ujar komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Berikut ini pasal yang mengatur iklan kampanye di media massa:

Pasal 37 

(2) Materi Iklan Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit memuat visi, misi, dan program Peserta Pemilu. 

(3) Materi Iklan Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat berupa: 

a. tulisan; 
b. suara; 
c. gambar; dan/atau 
d. gabungan antara tulisan, suara, dan/atau gambar, yang bersifat naratif, grafis, karakter, interaktif atau tidak interaktif, serta yang dapat diterima melalui perangkat penerima pesan.

(4) Iklan Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibatasi maksimum secara kumulatif sebanyak: 

a. 8 (delapan) spot berdurasi paling lama 30 (tiga puluh) detik untuk setiap stasiun televisi setiap hari 
untuk iklan di televisi; 
b. 4 (empat) spot berdurasi paling lama 60 (enam puluh) detik untuk setiap stasiun radio setiap hari untuk iklan di radio; 
c. 810 (delapan ratus sepuluh) milimeter kolom atau 1 (satu) halaman untuk setiap media cetak setiap hari untuk iklan di media cetak; 
d. 1 (satu) banner untuk setiap media dalam jaringan setiap hari untuk iklan di media dalam jaringan; dan 
e. 1 (satu) spot berdurasi paling lama 30 (tiga puluh) detik untuk setiap media sosial setiap hari untuk iklan di media sosial.

(shy)

  • HOT !
    Setelah pertemuan Amerika Serikat dan Korea Utara di Singapura beberapa waktu lalu, Donald Trump menekan Korea Selatan untuk membayar tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di negara lebih mahal dari perjanjian sebelumnya....
  • HOT !
    Debat capres perdana yang berlangsung pada 17 Januari lalu mendapat beragam reaksi masyarakat. Tak sedikit yang menganggap jawaban pasangan Jokowi Ma’ruf dan Prabowo Sandiaga tak orisinil lantaran telah mendapat kisi kisi debat dari KPU....
  • HOT !
    Mantan Ibu negara Ani Yudhoyono jatuh sakit dan harus menjalani pengobatan diluar negeri. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun angkat bicara perihal penyakit yang tengah diderita istrinya itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)