SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Teka-teki yang Tersisa dari Bencana Gempa-Tsunami di Palu dan Donggala

Sabtu, 06 Oktober 2018 19:30 by reinasoebisono | 9251 hits
Ternyata Ada Teka-teki yang Tersisa dari Bencana Gempa-Tsunami di Palu dan Donggala
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Beberapa fakta tentang gempa dan tsunami Palu dan Donggala memang telah terungkap, seperti tepat ketinggian dan waktunya. Hal ini didapatkan dari stasiun pengamatan pasang surut Badan Informasi Geospasial (BIG) di Pelabuhan Pantoloan, Palu.

Namun ada pertanyaan lanjutan tentang apakah skenario gempa nantinya berubah? Karena prediksi dan ilmu sebelumnya, sesar patahan mendatar tidak menyebabkan tsunami tinggi seperti yang terjadi di kawasan Sulawesi Tengah itu.

Menurut Widjo Kongko, ahli tsunami dari Badan Pengkajian dan Pernerapan Teknologi (BPPT), hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi secara detail sumber tsunami Palu pada Jumat (28/9/2018) lalu dari apa, terutama untuk menjawab apakah asumsi longsoran bawah laut dalam tsunami tersebut benar terjadi.

Baca juga: Temuan Baru Gempa Palu-Donggala Akan Ungkap Fakta Sebenarnya Penyebab Tsunami Besar?

Karena ini sebetulnya kan sumbernya sesar geser. Dan sesar geser biasanya tidak (menimbulkan tsunami) terlalu tinggi," kata Widjo melansir Kompas. "Tetapi dalam model saya, yang sesar geser tanpa longsoran itu pun sudah sampai (ketinggian tsunami) hampir 2 meter," 

Karena itulah yang menurut Widjo terjadi spekulasi adanya longsor di bawah laut atau gempa bumi di dalamnya. "Jadi campur gitu," ujarnya.

"Survei yang kami lakukan dengan Baruna Jaya I adalah pemetaan batimetri atau pemetaan bawah laut," tutur Widjo. "Jadi nanti kelihatan ada longsoran atau tidak. Survei kita sangat penting (untuk mengetahui hal tersebut),"

(rei)

  • HOT !
    Setelah pertemuan Amerika Serikat dan Korea Utara di Singapura beberapa waktu lalu, Donald Trump menekan Korea Selatan untuk membayar tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di negara lebih mahal dari perjanjian sebelumnya....
  • HOT !
    Debat capres perdana yang berlangsung pada 17 Januari lalu mendapat beragam reaksi masyarakat. Tak sedikit yang menganggap jawaban pasangan Jokowi Ma’ruf dan Prabowo Sandiaga tak orisinil lantaran telah mendapat kisi kisi debat dari KPU....
  • HOT !
    Mantan Ibu negara Ani Yudhoyono jatuh sakit dan harus menjalani pengobatan diluar negeri. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun angkat bicara perihal penyakit yang tengah diderita istrinya itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)