SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Teka-teki yang Tersisa dari Bencana Gempa-Tsunami di Palu dan Donggala

Sabtu, 06 Oktober 2018 19:30 by reinasoebisono | 9147 hits
Ternyata Ada Teka-teki yang Tersisa dari Bencana Gempa-Tsunami di Palu dan Donggala
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Beberapa fakta tentang gempa dan tsunami Palu dan Donggala memang telah terungkap, seperti tepat ketinggian dan waktunya. Hal ini didapatkan dari stasiun pengamatan pasang surut Badan Informasi Geospasial (BIG) di Pelabuhan Pantoloan, Palu.

Namun ada pertanyaan lanjutan tentang apakah skenario gempa nantinya berubah? Karena prediksi dan ilmu sebelumnya, sesar patahan mendatar tidak menyebabkan tsunami tinggi seperti yang terjadi di kawasan Sulawesi Tengah itu.

Menurut Widjo Kongko, ahli tsunami dari Badan Pengkajian dan Pernerapan Teknologi (BPPT), hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi secara detail sumber tsunami Palu pada Jumat (28/9/2018) lalu dari apa, terutama untuk menjawab apakah asumsi longsoran bawah laut dalam tsunami tersebut benar terjadi.

Baca juga: Tahunan, Berapa Lama Proyeksi Sebenarnya Palu dan Donggala Bisa Pulih Normal Seluruhnya?

Karena ini sebetulnya kan sumbernya sesar geser. Dan sesar geser biasanya tidak (menimbulkan tsunami) terlalu tinggi," kata Widjo melansir Kompas. "Tetapi dalam model saya, yang sesar geser tanpa longsoran itu pun sudah sampai (ketinggian tsunami) hampir 2 meter," 

Karena itulah yang menurut Widjo terjadi spekulasi adanya longsor di bawah laut atau gempa bumi di dalamnya. "Jadi campur gitu," ujarnya.

"Survei yang kami lakukan dengan Baruna Jaya I adalah pemetaan batimetri atau pemetaan bawah laut," tutur Widjo. "Jadi nanti kelihatan ada longsoran atau tidak. Survei kita sangat penting (untuk mengetahui hal tersebut),"

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)