SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tahunan, Berapa Lama Proyeksi Sebenarnya Palu dan Donggala Bisa Pulih Normal Seluruhnya?

Sabtu, 06 Oktober 2018 13:43 by reinasoebisono | 1380 hits
Tahunan, Berapa Lama Proyeksi Sebenarnya Palu dan Donggala Bisa Pulih Normal Seluruhnya?
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Palu, Donggala dan sekitarnya mempercepat pemulihan hingga revitalisasi nantinya. Benca agempa dan tsunami memporakporandakan kawasan di Sulawesi Tengah itu.

Lalu sebenarnya kapan kira-kira daerah tersebut bisa pulih? Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjelaskan jika Palu dan Donggala bisa pulih dalam waktu dua tahun.

“Dua tahun palu bisa normal kembali. Tapi untuk status tanggap darurat satu atau dua bulan lebih supaya bisa normal," kata Wiranto.

Wiranto mengungkapkan pemulihan dilakukan dengan pembangunan sejumlah infrastruktur. Dalam waktu dekat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) bakal membangun barak pengungsi. 

"Minggu depan kita mulai pembangunan barak yang permanen siap huni dan teratur sederhana tapi lengkap ada dapur, MCK," kata Wiranto. 

Baca juga: Temuan Baru Gempa Palu-Donggala Akan Ungkap Fakta Sebenarnya Penyebab Tsunami Besar?

Pembangunan barak tersebut dilakukan sambil menunggu konstruksi rumah yang akan dibangun oleh pemerintah. Melansir CNN, ada sekitar 65 ribu orang yang mengungsi akibat gempa dan tsunami. Sebagian ada yang memiliki rumah namun trauma berada di dalam karena gempa.

Sementara itu, sampai dengan H+6 pascagempa, Wiranto memastikan seluruh kantor pemerintah sudah mulai dibuka kembali. Pemerintah juga akan mulai membangun barak sekolah agar siswa bisa kembali mendapatkan fasilitas pendidikan. 

Selain itu pemerintah juga akan membangun monumen di lokasi kuburan massal yqng kemungkinan diletakkan di tiga lokasi terparah dengan dampak bencana yaitu Sigi, Petobo dan Balaroa.

"Satu daerah itu jadi makam massal. Kalau enggak itu bisa meninggalkan penyakit," ujar dia yang juga mengatakan hingga kini sudah ada 1.648 orang yang meninggal.

(rei)

  • HOT !
    Setelah pertemuan Amerika Serikat dan Korea Utara di Singapura beberapa waktu lalu, Donald Trump menekan Korea Selatan untuk membayar tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di negara lebih mahal dari perjanjian sebelumnya....
  • HOT !
    Debat capres perdana yang berlangsung pada 17 Januari lalu mendapat beragam reaksi masyarakat. Tak sedikit yang menganggap jawaban pasangan Jokowi Ma’ruf dan Prabowo Sandiaga tak orisinil lantaran telah mendapat kisi kisi debat dari KPU....
  • HOT !
    Mantan Ibu negara Ani Yudhoyono jatuh sakit dan harus menjalani pengobatan diluar negeri. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun angkat bicara perihal penyakit yang tengah diderita istrinya itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)