home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ucapan Dukacita Ratu Elizabeth untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng

Jumat, 05 Oktober 2018 18:02 by sherleyyy | 1977 hits
Ucapan Dukacita Ratu Elizabeth untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng
Image source: tribunnews.com

DREAMERS.ID - Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II.

Melalui Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Moazzam Malik, Ratu Elizabeth II menyampaikan dukacita untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Selain itu, Inggris juga menggelontorkan bantuan senilai Rp60 miliar.

"Tadi malam, Ratu Elizabeth meminta saya untuk menyampaikan dukacita kepada Presiden Jokowi, untuk disampaikan kepada rakyat Indonesia. Seluruh warga Inggris merasakan duka yang mendalam atas terjadinya gempa dan tsunami di Sulawesi minggu lalu," kata Moazzam dilansir detikcom dari Kepala Media Komunikasi Kedubes Inggris John Nickell, Jumat (5/10).

Moazzam juga mengatakan bahwa tidak ada satu orang pun di Inggris yang tidak bergeming karena kejadian ini. Doa mereka menyertai korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Dia menjelaskan bahwa Indonesia tidak sendiri dalam menghadapi bencana alam ini. Indonesia memiliki banyak negara sahabat. Menurut Moazzam, Inggris akan berusaha membantu secara maksimal. Dan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk menentukan fokus kebutuhan di lapangan.

"Empat jam setelah pemerintah Indonesia informasikan prioritasnya, kami langsung tawarkan sejumlah pilihan. Kemudian Inggris mengumumkan rencana bantuan senilai 40 miliar rupiah. Kemarin kami kembali mengumumkan bahwa Inggris akan memberikan tambahan 20 miliar Rupiah, sehingga total bantuan Inggris untuk Sulawesi Tengah adalah 60 miliar Rupiah," ucapnya. 

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Ia juga menambahkan bahwa Inggris telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan melalui PBB, Palang Merah Internasional dan Uni Eropa. Pesawat AU Inggris bermuatan bantuan sedang menuju Indonesia. Pesawat bantuan kedua sedang dipersiapkan, dan pesawat ketiga sedang direncakan.

Mereka juga telah mengirimkan beberapa staff ke Balikpapan dan siap membantu.

Pesawat-pesawat tersebut akan membawa bantuan berupa tenda terpal, air minum, lampu surya dan persediaan alat kebersihan dan sanitasi untuk sekitar 10.000 orang. Pihak Inggris berharap bantuan ini bisa menghindarkan para korban dari risiko penyakit dan infeksi.

"Kami akan mengantar bantuan ini ke Palu dan membagikannya melalui mitra-mitra seperti Palang Merah Indonesia. Terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan kami siap membantu. Di dunia yang saling terhubung ini, apa yang terjadi di Indonesia, dilihat dan didengar sampai ke Inggris. Masa depan kita saling terkait, dan dalam masa sulit ini, kami bersama Indonesia," ujar Moazzam. 

 

(shy)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)