SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ucapan Dukacita Ratu Elizabeth untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng

Jumat, 05 Oktober 2018 18:02 by sherleyyy | 1797 hits
Ucapan Dukacita Ratu Elizabeth untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng
Image source: tribunnews.com

DREAMERS.ID - Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II.

Melalui Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Moazzam Malik, Ratu Elizabeth II menyampaikan dukacita untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Selain itu, Inggris juga menggelontorkan bantuan senilai Rp60 miliar.

"Tadi malam, Ratu Elizabeth meminta saya untuk menyampaikan dukacita kepada Presiden Jokowi, untuk disampaikan kepada rakyat Indonesia. Seluruh warga Inggris merasakan duka yang mendalam atas terjadinya gempa dan tsunami di Sulawesi minggu lalu," kata Moazzam dilansir detikcom dari Kepala Media Komunikasi Kedubes Inggris John Nickell, Jumat (5/10).

Moazzam juga mengatakan bahwa tidak ada satu orang pun di Inggris yang tidak bergeming karena kejadian ini. Doa mereka menyertai korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Dia menjelaskan bahwa Indonesia tidak sendiri dalam menghadapi bencana alam ini. Indonesia memiliki banyak negara sahabat. Menurut Moazzam, Inggris akan berusaha membantu secara maksimal. Dan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk menentukan fokus kebutuhan di lapangan.

"Empat jam setelah pemerintah Indonesia informasikan prioritasnya, kami langsung tawarkan sejumlah pilihan. Kemudian Inggris mengumumkan rencana bantuan senilai 40 miliar rupiah. Kemarin kami kembali mengumumkan bahwa Inggris akan memberikan tambahan 20 miliar Rupiah, sehingga total bantuan Inggris untuk Sulawesi Tengah adalah 60 miliar Rupiah," ucapnya. 

Baca juga: Bagaimana Bisa Guncangan Gempa 6.7 SR Fiji Tak Dirasakan oleh Warganya?

Ia juga menambahkan bahwa Inggris telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan melalui PBB, Palang Merah Internasional dan Uni Eropa. Pesawat AU Inggris bermuatan bantuan sedang menuju Indonesia. Pesawat bantuan kedua sedang dipersiapkan, dan pesawat ketiga sedang direncakan.

Mereka juga telah mengirimkan beberapa staff ke Balikpapan dan siap membantu.

Pesawat-pesawat tersebut akan membawa bantuan berupa tenda terpal, air minum, lampu surya dan persediaan alat kebersihan dan sanitasi untuk sekitar 10.000 orang. Pihak Inggris berharap bantuan ini bisa menghindarkan para korban dari risiko penyakit dan infeksi.

"Kami akan mengantar bantuan ini ke Palu dan membagikannya melalui mitra-mitra seperti Palang Merah Indonesia. Terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan kami siap membantu. Di dunia yang saling terhubung ini, apa yang terjadi di Indonesia, dilihat dan didengar sampai ke Inggris. Masa depan kita saling terkait, dan dalam masa sulit ini, kami bersama Indonesia," ujar Moazzam. 

 

(shy)

  • HOT !
    Setelah pertemuan Amerika Serikat dan Korea Utara di Singapura beberapa waktu lalu, Donald Trump menekan Korea Selatan untuk membayar tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di negara lebih mahal dari perjanjian sebelumnya....
  • HOT !
    Debat capres perdana yang berlangsung pada 17 Januari lalu mendapat beragam reaksi masyarakat. Tak sedikit yang menganggap jawaban pasangan Jokowi Ma’ruf dan Prabowo Sandiaga tak orisinil lantaran telah mendapat kisi kisi debat dari KPU....
  • HOT !
    Mantan Ibu negara Ani Yudhoyono jatuh sakit dan harus menjalani pengobatan diluar negeri. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun angkat bicara perihal penyakit yang tengah diderita istrinya itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)