home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

LIPI Telusuri Penyebab Likuifaksi yang Tenggelamkan Satu Kampung di Petobo

Kamis, 04 Oktober 2018 08:12 by noudi0501 | 1383 hits
LIPI Telusuri Penyebab Likuifaksi yang Tenggelamkan Satu Kampung di Petobo
Image source: detik.com

DREAMERS.ID - Kondisi wilayah Petobo, Palu Selatan, Sulawesi Tengah (Sulteng), masuk zona terparah yang terkena efek gempa 7,4 magnitudo. Ratusan rumah seakan lenyap ditelan bumi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan fenomena likuifaksi atau pencairan tanah itu terjadi. Peneliti Puslit Geoteknologi LIPI Adrin Tohari mengatakan fenomena likuifaksi terjadi pada lapisan tanah pasir. Pergerakan tanah terjadi karena hilangnya kekuatan lapisan tanah pasir di wilayah tersebut.

"Jadi likuifaksi ini terjadi karena lapisan tanah pasir bukan tanah bebatuan yang gembur istilahnya," kata Adrin dalam diskusi bertajuk 'Gempa dan Tsunami Donggala di Sesar Aktif Palu Koro' di LIPI, Jalan Sangkuriang, Kota Bandung, Rabu (3/10/2018).

Baca juga: Pemicu Gempa Besar M 7.2 Halmahera yang Robohkan 160 Rumah dan Makan Korban Jiwa

Menurutnya likuifaksi yang terjadi di Palu dipicu guncangan gempa besar lebih dari 6 SR. Selain itu, sambung dia, guncangan gempa berlangsung lebih cukup lama. Jarak wilayah dengan pusat gempa juga menentukan potensi likuifaksi. Wilayah yang semakin dekat dengan titik gempa, kata dia, maka potensi terjadinya likuifaksi semakin besar.

"Daerah pesisir yang dekat dari sumber gempa akan lebih potensi terjadi likuifaksi. Apalagi situasi di Palu itu kondisi muka air tanah yang dangkal," ungkap Adrin.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Jerinx SID yang ditetapkan tersangka atas kasus pencemaran nama baik ‘IDI kacung WHO’ langsung ditahan pihak kepolisian. Berbagai dukungan pun muncul untuk Jerinx, salah satunya lewat petisi....
  • HOT !
    Program belajar Bahasa Korea bersama BTS bertajuk ‘Learn! KOREAN with BTS’ yang awalnya ditayangkan melalui platform Weverse akan dikembangkan dan menjadi mata kuliah di beberapa universitas di dunia....
  • HOT !
    Fans V BTS baru baru ini diketahui mengadopsi bayi gajah yang diselamatkan atas nama sang idola. Dan menurut kabar menggemaskan terbaru yang dibagikan fans, gajah bernama Roho itu baik baik saja di rumah barunya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)