SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

LIPI Telusuri Penyebab Likuifaksi yang Tenggelamkan Satu Kampung di Petobo

Kamis, 04 Oktober 2018 08:12 by noudi0501 | 1310 hits
LIPI Telusuri Penyebab Likuifaksi yang Tenggelamkan Satu Kampung di Petobo
Image source: detik.com

DREAMERS.ID - Kondisi wilayah Petobo, Palu Selatan, Sulawesi Tengah (Sulteng), masuk zona terparah yang terkena efek gempa 7,4 magnitudo. Ratusan rumah seakan lenyap ditelan bumi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan fenomena likuifaksi atau pencairan tanah itu terjadi. Peneliti Puslit Geoteknologi LIPI Adrin Tohari mengatakan fenomena likuifaksi terjadi pada lapisan tanah pasir. Pergerakan tanah terjadi karena hilangnya kekuatan lapisan tanah pasir di wilayah tersebut.

"Jadi likuifaksi ini terjadi karena lapisan tanah pasir bukan tanah bebatuan yang gembur istilahnya," kata Adrin dalam diskusi bertajuk 'Gempa dan Tsunami Donggala di Sesar Aktif Palu Koro' di LIPI, Jalan Sangkuriang, Kota Bandung, Rabu (3/10/2018).

Baca juga: Fakta Sesar Lembang yang Jurnal Ilmiahnya Baru Dirilis Beresiko Tinggi Sebabkan Gempa di Bandung

Menurutnya likuifaksi yang terjadi di Palu dipicu guncangan gempa besar lebih dari 6 SR. Selain itu, sambung dia, guncangan gempa berlangsung lebih cukup lama. Jarak wilayah dengan pusat gempa juga menentukan potensi likuifaksi. Wilayah yang semakin dekat dengan titik gempa, kata dia, maka potensi terjadinya likuifaksi semakin besar.

"Daerah pesisir yang dekat dari sumber gempa akan lebih potensi terjadi likuifaksi. Apalagi situasi di Palu itu kondisi muka air tanah yang dangkal," ungkap Adrin.

(nou)

  • HOT !
    Setelah pertemuan Amerika Serikat dan Korea Utara di Singapura beberapa waktu lalu, Donald Trump menekan Korea Selatan untuk membayar tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di negara lebih mahal dari perjanjian sebelumnya....
  • HOT !
    Debat capres perdana yang berlangsung pada 17 Januari lalu mendapat beragam reaksi masyarakat. Tak sedikit yang menganggap jawaban pasangan Jokowi Ma’ruf dan Prabowo Sandiaga tak orisinil lantaran telah mendapat kisi kisi debat dari KPU....
  • HOT !
    Mantan Ibu negara Ani Yudhoyono jatuh sakit dan harus menjalani pengobatan diluar negeri. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun angkat bicara perihal penyakit yang tengah diderita istrinya itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)