SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yang Disiapkan untuk Pemakaman Massal Korban Meninggal Dunia Gempa-Tsunami Palu

Rabu, 03 Oktober 2018 10:22 by reinasoebisono | 1494 hits
Yang Disiapkan untuk Pemakaman Massal Korban Meninggal Dunia Gempa-Tsunami Palu
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Data dari BNPB menunjukkan jika korban tewas gempa dan tsunami Palu telah mencapai lebih dari 1.300 orang. Atau lebih tepatnya di angka 1.347 orang, termasuk 34 pelajar yang ditemukan meninggal dunia di bawah reruntuhan gereja di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi pada Selasa kemarin.

Dan menurut pemberitaan Selasa (2/1) kemarin, BNPB dan pemerintah telah menyiapkan sedikitnya 1.000 kantung mayat serta 15 truk untuk membawanya ke tempat pemakaman umum. Sementara proses evakuasi pencarian korban masih terus dilakukan.

"Hari ini sudah disiapkan 15 truk dan 1.000 kantung mayat untuk pemakamkan. Berapa yang dimakamkan hari ini, ya. Jumlahnya akan disesuaikan dengan keadaan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta via laman CNN.

Baca juga: Ternyata Ada Teka-teki yang Tersisa dari Bencana Gempa-Tsunami di Palu dan Donggala

"Sudah ada 153 jenazah yang kemarin sudah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poboya dan sekitaran sana. Cuma paling banyak TPU Poboya," kata Sutopo.

Kondisi terkini di sejumlah daerah terdampak gempa adalah sudah mulai berbau tak sedap yang menyebar di jalanan Kota Palu saat truk atau mobil pengangkut jenazah melintas. Selain proses evakuasi, pengadaan fasilitas kesehatan juga masih terus diupayakan. Terlebih karena banyaknya warga yang ingin dirawat di luar ruangan mengantisipasi gempa susulan.

BNPB mencatat jumlah pengungsi yang sampai hari ini bertahan sudah mencapai 61.867 jiwa. Mereka tersebar di 109 titik di lokasi terdampak gempa dan tsunami. Para pengungsi disebut Sutopo masih sangat membutuhkan barang-barang seperti matras, selimut, makanan, minuman, air bersih, alat-alat sanitasi, dan kebutuhan lainnya.

(rei)

  • HOT !
    Lindu atau gempa berkekuatan di atas 6 Skala Richter umumnya mengakibatkan kerusakan bahkan tsunami di Indonesia. Namun ada fenomena tak biasa yang mengguncang lepas pantai Fiji pada Senin (19/11) hari ini waktu setempat....
  • HOT !
    Warga kampung Narogong, tepatnya di RT 10/03 Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor pada hari Minggu (18/11) kemarin dihebohkan dengan temuan mayat dalam sebuah drum....
  • HOT !
    Penting namun kerap disepelekan dan sebenarnya adalah pelanggaran, bermain gadget seperti handphone dan sejenisnya ketika berkendara dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tak lain alasannya karena dapat memecah konsentrasi, dan hal ini dianggap lumrah di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)