SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penangkapan 45 Penjarah di Tengah Sulitnya Kondisi Pasca Gempa-Tsunami di Palu dan Donggala

Selasa, 02 Oktober 2018 16:19 by reinasoebisono | 873 hits
Penangkapan 45 Penjarah di Tengah Sulitnya Kondisi Pasca Gempa-Tsunami di Palu dan Donggala
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Ramai pemberitaan penjarahan dan perampokan di lokasi terdampak bencana Palu, Sulawesi Tengah. Hal ini meresahkan masyarakat di tengah kesulitan evakuasi dan kebutuhan di daerah terkena bencana gempa bumi dan tsunami itu.

Melansir Kompas, kepolisian Resor Palu telah berhasil menangkap 45 orang yang diduga sebagai pelaku penjarahan minimarket, gudang serta ATM. Polisi juga berhasil mengamankan puluhan jenis barang bukti dan alat yang digunakan pelaku saat beraksi.

“Sebanyak 45 pelaku penjarahan yang selama ini meresahkan masyarakat Kota Palu, Sulawesi Tengah, akhirnya berhasil dibekuk. Para pelaku merupakan kelompok penjarahan sejumlah fasilitas umum, seperti kios, minimarket, ataupun gudang elektronik yang ditinggal pergi oleh para pemiliknya saat gempa terjadi,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Polisi Dedi Prasetyo.

Baca juga: 'Lifechanger Concert' Bantu Dirikan Hunian Sementara bagi Korban Gempa Sigi dan Lombok Lewat Musik

Para pelaku tersebut disebut tak hanya menjarah gudang atau kios, namun juga merusak sejumlah ATM dan mengambil motor warga yang ditinggal pemiliknya saat gempa terjadi. Mereka ditangkap di berbagai lokasi dengan motif berbeda.

Dari 45 pelaku yang ditangkap dan sudah dijadikan tersangka itu dikatakan kepolisian sebagian adalah residivis dan narapidana penghuni Lapas Petobo yang kabur saat gempa tengah terjadi. Barang bukti yang diamankan mencapai puluhan, mulai dari televisi, komputer, kulkas, mesin ATM hingga sepeda motor.

Mereka menjalankan aksinya secara berpindah-pindah dengan target lokasi yang ditinggal pergi para pemiliknya pascagempa dan tsunami terjadi. Polisi menghimbau masyarakat untuk bisa ikut membantu menjaga keamanan dan secepatnya melapor kepada polisi jika mendengar atau melihat aksi penjarahan.

(rei)

  • HOT !
    Negara negara maju biasanya memiliki biaya hidup yang tinggi, dan baru baru ini survei tahunan yang dibuat oleh Economist Intelligence Unit. Pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir, tiga kota menempati urutan teratas daftar kota termahal....
  • HOT !
    Sebelum menjadi pengusaha ternama hingga mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada pilpres 2019, Sandiaga Uno hanya seorang laki laki biasa dan seorang suami dari keluarga kecil dan sederhana. Ia bahkan mengaku sempat menjadi pengangguran....
  • HOT !
    Penampilan Ma’ruf Amin di debat Pilpres ketiga menyisakan beragam pendapat. Digelar pada Minggu (17/03/19) malam di Hotel Sultan Senayan, tercatat Ma’ruf Amin melontarkan beberapa istilah istilah yang menarik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)