SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta-fakta Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah yang Ternyata Terasa hingga di Kalimantan

Sabtu, 29 September 2018 08:31 by reinasoebisono | 2097 hits
Fakta-fakta Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah yang Ternyata Terasa hingga di Kalimantan
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Gempa berkekuatan 7.4 SR yang melanda Donggala, Sulawesi Tengah masih jadi pemberitaan hangat karena dikabarkan sekitar 500 BTS Telekomunikasi di sana padam. Belum lagi informasi tentang kondisi masyarakat di sana yang belum bisa diakses membuat sanak saudara di luar Donggala dan Palu cemas.

Seperti yang diketahui, daerah Palu juga mengalami gempa 5.9 SR di mana dari beberapa fakta yang dihimpun dari laman Detik, hal ini disebabkan bergeraknya patahan kerak bumi atau Sesar Palu-Koro yang terbentang dari Teluk Palu hingga Lembah Koro.

Sesar aktif ini melewati Kota Palu, Toraja, Poso dan Teluk Bone.  Pergerakannya adalah sesar mendatar (slike-slip) yang berarti antara lempeng bumi satu dan lempeng bumi lain bergerak sejajar. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Palu-Koro," demikian pernyataan Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly.

Baca juga: Bagaimana Bisa Guncangan Gempa 6.7 SR Fiji Tak Dirasakan oleh Warganya?

Gempa ini pun mengakibatkan tsunami yang menerjang Kota Palu dengan ketinggian air sekitar 3 meter. Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twiter-nya, Jumat (28/9). Tsunami ini diperkirakan terjadi mulai pukul 17.22 WIB dan berakhir pukul 17.36 WIB di mana rumah-rumah di Palu hancur diterjang tsunami itu. Tsunami juga dilaporkan terjadi di Donggala yang menerjang pantai.

Berdasarkan penjelasan BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan di Palu dan Mapaga pada III SIG (Skala Intensitas Gempa) BMKG, Donggala III SIG BMKG, Gorontalo dan Poso II SIG BMKG, Majene dan Soroako II SIG BMKG, Kendari, Kolaka, Konawe Utara, Bone, dan Sengkang II SIG BMKG, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara II SIG BMKG, Makassar, Gowa, dan Toraja I SIG BMKG. 

(rei)

  • HOT !
    Lindu atau gempa berkekuatan di atas 6 Skala Richter umumnya mengakibatkan kerusakan bahkan tsunami di Indonesia. Namun ada fenomena tak biasa yang mengguncang lepas pantai Fiji pada Senin (19/11) hari ini waktu setempat....
  • HOT !
    Warga kampung Narogong, tepatnya di RT 10/03 Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor pada hari Minggu (18/11) kemarin dihebohkan dengan temuan mayat dalam sebuah drum....
  • HOT !
    Penting namun kerap disepelekan dan sebenarnya adalah pelanggaran, bermain gadget seperti handphone dan sejenisnya ketika berkendara dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tak lain alasannya karena dapat memecah konsentrasi, dan hal ini dianggap lumrah di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)