home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap! Ini Dia Sosok Programmer Korea Utara Dalang Virus WannaCry yang Sempat Viral

Jumat, 07 September 2018 17:22 by reinasoebisono | 8508 hits
Terungkap! Ini Dia Sosok Programmer Korea Utara Dalang Virus WannaCry yang Sempat Viral
Image source: Bleeping Computer

DREAMERS.ID - Masih ingat dengan peristiwa dunia teknologi yang diresahkan oleh ransomware bernama WannaCry yang mendunia dan merusak system computer di 15 negara? Disebut sebenarnya telah jadi bagian dari konspirasi selama bertahun-tahun, dalang dari virus ini sebenarnya adalah negara Korea Utara.

Melansir Detik, pihak Amerika Serikat lah yang paling gencar mengungkap siapa sosok yang berada di balik ancaman WannaCry yang sempat heboh pada tahun 2017 itu. Indonesia pun turut kena imbas dan membuat waspada diri.

Departemen Hukum Amerika Serikat akhirnya mendakwa Park Jin Hyok, seorang programmer asal Korea Utara atas sejumlah serangan syber yang pernah terjadi. Park Jin Hyok dipercaya berada di Korut dan beraksi atas perintah pemerintah Korea Utara, begitu yang dikatakan pihak AS.


Park Jin Hyok (Detik)

Selain WannaCry, Park juga disebut berkaitan dengan peretasan server Sony Pictures yang membuat perusahaan film raksasa itu merugi besar karena data film-filmnya yang bocor duluan ke publik. Ada pula pencurian USD 81 juta dari Bank Bangladesh.

Pihak AS juga mengatakan jika Park bekerja untuk grup hacker Korut bernama Lazarus Group yang pernah mencoba menjebol system keamanan sejumlah perusahaan asal Amerika. Termasuk di antaranya adalah Lockheed Martin atau yang dikenal sebagai kontraktor militer AS.

Beberapa tahun belakangan, AS memang telah mendakwa hacker asal China, Iran dan Rusia yang bertujuan mempermalukan negara-negara tersebut karena mendukung serangan cyber ke perusahaan asal Amerika.

Ini adalah yang pertama kali AS mendakwa hacker asal Korut. Sayangnya, dakwaan terhadap Park Jin Hyok ini tak bisa diproses lebih lanjut Karena tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Korea Utara. Sehingga belum diketahu bagaimana kelanjutan dari kasus ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pada awal bulan ini, Big Hit Entertainment telah mengajukan pendaftaran untuk go public di pasar saham. Dan pada 28 September, sudah ditetapkan bahwa harga IPO untuk saham mereka adalah 135.000 won (sekitar 1,7 juta rupiah) per lembar....
  • HOT !
    Setiap orang memiliki mimpi untuk mempunyai rumah idaman yang layak, nyaman dan memiliki keunikan sendiri yang berbeda dengan rumah lainnya. Seperti pasangan dari Seoul ini memiliki rumah unik kecil yang dirancangnya sendiri....
  • HOT !
    Seiring cuaca yang perlahan mendingin menuju musim gugur, Korea Selatan bersiap untuk musim flu yang bertepatan dengan gelombang kedua COVID 19, yang dapat mengakibatkan 'twindemic' yang ditakuti....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)