home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Setengah Abad Hilang, Patung Budha dari India Ini Akhirnya Ditemukan di Negara Tak Terduga

Kamis, 16 Agustus 2018 10:55 by noudi0501 | 18995 hits
Setengah Abad Hilang, Patung Budha dari India Ini Akhirnya Ditemukan di Negara Tak Terduga
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Sebuah patung Buddha berbahan perunggu yang telah dibuat sejak abad ke-12 hilang dicuri dari sebuah museum di India. Setelah setengah abad, patung itu mendadak ditemukan di negara yang cukup jauh dari asalnya.

Ditemukan di Inggris setelah 57 tahun, kepolisian mengatakan pada Rabu (15/8), patung itu kini dikembalikan ke India. Patung itu bukan satu-satunya yang dicuri pada 57 tahun lalu. Selain patung Buddha, ada 13 barang lain yang dicuri dari museum Archaeological Survey of India di Nalanda.

Bulan Maret lalu, patung itu ditemukan di sebuah bursa dagang di Inggris. Kepolisian Metropolitan London unit Seni dan Barang Antik segera melakukan investigasi.

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

Pemilik dan penjual patung itu langsung dihubungi. Mereka mengaku tidak tahu-menahu soal asal-usul patung. Mereka diputuskan tidak salah dan setuju mengembalikan patung itu ke India.

Rabu (15/8), patung itu pun diserahkan kepada Komisi Tinggi India di London dalam sebuah upacara khusus. Menurut detektif Sophie Hayes yang menangani kasus itu, pihaknya mendapati patung curian setelah mendapat informasi dari sumber rahasia. Padahal sudah bertahun-tahun kepolisian mencoba menemukannya.

"Ini menggaris bawahi bagaimana pihak berwajib dan pasar seni London saling bekerja sama untuk membawa diplomasi budaya yang positif kepada dunia," kata Menteri Seni Michael Ellis dalam sebuah pernyataan resmi yang dikutip oleh AFP.

(nou/Image: News CGTN)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)