home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Semua Bakal Capres dan Cawapres Pilpres 2019 Dinyatakan Lolos Tes Kesehatan

Rabu, 15 Agustus 2018 09:30 by mikhael | 641 hits
Semua Bakal Capres dan Cawapres Pilpres 2019 Dinyatakan Lolos Tes Kesehatan
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan  Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinyatakan lolos dan memenuhi syarat kesehatan untuk maju dalam konstentasi Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Sebelumnya, pasangan Jokowi-Maruf melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (12/8), mendahului pasangan Prabowo-Sandiaga yang melakukan pemeriksaan kesehatan, Senin (13/8).

Seperti dilansir Kompas, hal itu diungkap langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, usai menerima hasil pemeriksaan kesehatan yang diserahkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

"Jokowi (Joko Widodo) saat ini tidak ditemukan ketidakmampuan dalam bidang rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Presiden. Tidak ditemukan atau negatif penyalahgunaan narkotika psikotropika dan zat adiktif, memenuhi syarat," kata Arief di kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (14/8) malam.

Arief selanjutnya membacakan hasil pemeriksaan kesehatan tiga kandidat capres-cawapres lainnya. Baik Ma'ruf Amin, Prabowo Subianto, maupun Sandiaga Uno, dinyatakan memenuhi syarat seluruhnya.

Baca juga: Yang Dinanti, Begini Ucapan Sandiaga Uno Kepada Presiden-Capres Terpilih Jokowi - Ma'ruf

KPU pun berterima kasih kepada tim pemeriksa lantaran telah bekerja secara cepat dan melaporkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada KPU. Sementara itu, Ketua Pengurus Besar IDI (PB IDI) Ilham Oetama Marsis mengaku, pihaknya lega telah menyelesaikan tugas yang diberikan KPU.

"Saya berterima kasih kepada KPU mempercayakan kami," tutur Ilham. Kepala RSPAD Gatot Soebroto Terawan Agus Putranto pun mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada KPU.

Terawan mengklaim bahwa pihak RSPAD Gatot Soebroto telah menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu. "Kami terima kasih, karena mampu menyelesaikan (pemeriksaan kesehatan) tepat waktu dengan baik," ujar Terawan.

Adapun pemeriksaan kesehatan meliputi anamnesis dan analisis riwayat kesehatan, lalu pemeriksaan jiwa dan pemeriksaan jasmani.  Pada pemeriksaan jasmani, yang diperiksa antara lain penyakit dalam, jantung, paru, urologi, dan banyak lagi.   Ada juga pemeriksaan  laboratorium, yang meliputi pemeriksaan darah, urine, faal hati, faal ginjal, hepatitis, hingga HIV. 

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)