home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Detik-detik Sebelum Rudal Saudi Menghantam Bus Anak-anak di Yaman

Selasa, 14 Agustus 2018 11:09 by sfrahma14 | 1287 hits
Detik-detik Sebelum Rudal Saudi Menghantam Bus Anak-anak di Yaman
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Sekitar 40 anak-anak tewas dalam serangan yang terjadi pada Kamis (9/8/2018). Kejadian terjadi ketika bus yang mereka tumpangi di sebuah pasar di Dahyan, provinsi Saada, Yaman dihantam rudal.

Perlu diketahui juga bahwa Provinsi Saada, yang terletak di sisi utara Yaman, merupakan sebuah lokasi basis pertahanan pemberontak. Terekam dalam video saat detik-detik terakhir bus. Rekaman itu memperlihatkan bus yang berisi puluhan anak-anak Yaman sebelum dihantam rudal yang diduga dilepaskan pasukan Arab Saudi.

Dikutip dari Kompas, dalam video itu terlihat bahwa anak-anak berusia 6 hingga 11 tahun sedang bercanda, tertawa serta bermain-main di dalam bus. Bus itu seharusnya membawa mereka berjalan-jalan sekaligus mengakhiri sekolah musim panas.

Misi yang menghantam bus itu diduga kuat dilepaskan pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi, yang memerangi pemberontak Houthi pro-Iran di wilayah itu. Serangan udara tersebut menewaskan 51 orang, termasuk 40 anak-anak, dan melukai setidaknya 79 orang. Di antara korban luka 56 orang adalah anak-anak.

"Mereka (anak-anak) sangat senang dengan rencana jalan-jalan ini. Perjalanan ini menjadi bahan pembicaraan mereka selama beberapa hari." kata Yahya Hussein, sang guru dari anak-anak dalam bus. "Beberapa hari lalu anak-anak ini masih berbicara, tertawa, bermain. Kini mereka sudah menjadi jenazah." 

Di antara korban tewas, salah satunya adalah anak yang telah merekam perjalanan di dalam bus itu. Di saat video ini muncul, ribuan orang pelayat berkumpul untuk memakamkan para korban di Dahyan, Senin (13/8/2018).

Baca juga: Kim Jong Un Terang-terangan Bilang Peluncuran Rudal Korut Adalah Peringatan untuk Korea Selatan

Mobil-mobil dengan logo Houthi menjadi pengangkut jenazah yang sudah dibalut kain kafan dari rumah sakit menuju ke sebuah lapangan untuk didoakan bersama. Selanjutnya mereka menuju ke pemakaman. Keluarga maupun warga membawa foto para korban tewas. Sementara para anggota pemberontak Houthi mencoba mengatur ribuan orang yang memadati pemakaman.

"Putra saya berada di pasar karena mendapatkan tugas keluarga saat serangan udara terjadi. Dia terkena serpihan logam dan tewas." kata Fares al-Razhi, ia kehilangan putra berusia 14 tahun.

"Untuk putra saya, saya akan membalas dendam kepada (Raja) Salman dan Mohammed bin Zayed (Emir Uni Emirat Arab)." ujar Fares.

Negara-negara Teluk membentuk aliansi untuk mengintevensi Perang Yaman pada 2015 mencoba memulihkan kembali pemerintahan yang diakui dunia internasional. Pemerintah Yaman yang didukung Arab Saudi itu disisihkan pemberontak Houthi pada tahun 2014.

Serangan udara itu dikecam Sekjen PBB Antonio Guterres dan menyerukan digelarnya sebuah penyidikan independen. Namun, Sabtu (11/8/2018) kantor berita SPA mengabarkan, perwakilan Arab Saudi di PBB sudah mengirimkan pesan kepada Guterres.

Menurut sumber, pesan itu pada intinya mengatakan bahwa operasi militer tersebut merupakan langkah yang sah dan hanya mengincar para pemimpin Houthi yang bertanggung jawab merekrut dan melatih anak-anak menjadi tentara.

(sfr)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)