home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anjloknya Mata Uang Turki Ternyata Mampu Berimbas Pada Rupiah Karena Sama-sama Negara Berkembang?

Senin, 13 Agustus 2018 13:23 by reinasoebisono | 2164 hits
Anjloknya Mata Uang Turki Ternyata Mampu Berimbas Pada Rupiah Karena Sama-sama Negara Berkembang?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Krisis ekonomi menjadi topik luas di dunia dan berbagai negara melakukan upaya untuk menekan jatuhnya nilai mata uang terhadap dollar Amerika Serikat yang memang masih menjadi tolak ukur currency. Sayangnya, Turki disebut tak mampu membendung krisis ekonomi yang melanda negaranya.

Karena melansir Kompas, nilai tukar mata uang Turki, yaitu Lira merosot tajam. Hingga Jumat (10/8), posisi Lira anjlok 15.88% ke level 6.4323 pr dollar Amerika Serikat. Jika dihitung sejak awal tahun, Lira telah melemah 43% terhadap dollar.

Namun terlepas dari angka-angka di atas, depresiasi mendalam yang dialami Turki ini berpotensi ikut menyeret rupiah. Karena selain sesama mata uang emerging market, nilai tukar mata uang rupiah sendiri masih belum stabil karena beberapa sentimen domestik maupun eksternal yang ada.

Baca juga: Penggemar Stray Kids Jadi Korban Gempa di Turki, Pernah Tulis Surat Mengharukan

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail menjelaskan, minat investor asing di pasar obligasi terhadap Indonesia juga berpotensi mengendur. "Ini yang akan menekan nilai tukar rupiah di perdagangan besok (Senin)," ujarnya.

Namun menyiratkan jangan terlalu khawatir, Mikail meyakini kurs rupian tidak akan jatuh begitu dalam karena anjloknya mata uang Lira. Karena kondisi fundamental perekonomian Indonesia masih jauh lebih kuat ketimbang Turki meski masih sama-sama berstatus negara berkembang.

"Dari segi rating obligasi, Turki juga hanya mendapat peringkat BB- (double B minus) dari lembaga S&P. Sementara, rating kita lebih baik yaitu BBB- (triple B minus)," kata Mikail.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)