SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Bisa Baca Tulis, Nenek Ini Bisa Menelepon Karena Cara Manis Cucunya

Jumat, 10 Agustus 2018 15:28 by mikhael | 13981 hits
Tak Bisa Baca Tulis, Nenek Ini Bisa Menelepon Karena Cara Manis Cucunya
Image Source: BBC

DREAMERS.ID - Bisakah seorang buta huruf menggunakan telepon? Jawabannya bisa! Seperti seorang nenek di Spanyol ini, Encarna Alés, 74 tahun. Ia berhenti bersekolah pada umur delapan tahun sehingga dirinya tidak pernah belajar membaca dan menulis.

Seperti dilansir BBC, dia suka menelepon teman dan keluarganya tetapi dirinya tidak bisa membaca nama-nama di samping nomor telepon di buku alamatnya. Pedro Ortega mulai melakukannya saat berumur 11 tahun, membuat gambar di sampingnya agar neneknya dapat mengingat nomornya. Ilustrasinya pun viral di media sosial.

"Suatu hari, ayah saya dan saya ke rumah kakek dan nenek untuk menuliskan nomor telepon teman-teman mereka," kata Ortega yang bekerja sebagai ahli komunikasi. "Tetapi saya menyadari ini tidak akan membantu nenek karena dia tidak mengenal huruf"

"Di setiap halaman dan di setiap nomor, saya membuat gambar yang ia rasakan akan mewakili orang yang ingin ia hubungi," katanya. "Ini adalah hal yang kami pikirkan bersama. Dia mengatakan sesuatu yang unik dari setiap orang dan saya menggambar untuknya. Ini adalah sistem yang telah kami lakukan selama 20 tahun."

Baca juga: Warga Negara AS Menghilang Usai Diduga Terlibat Penyerangan Kedubes Korut di Spanyol

"Kehidupannya adalah seperti yang dialami kebanyakan perempuan kelas pekerja di zamannya," kata Ortega.

"Dia dipaksa berhenti bersekolah pada umur delapan tahun dan bekerja di perusahaan kue untuk menafkahi keluarganya, karena itulah dia tidak berpendidikan. Dia biasanya dibayar dalam bentuk makanan untuk keluarganya, bukannya uang,"lanjutnya. "Perempuan dengan latar belakang seperti dirinya tidak berkesempatan mengembangkan diri dan mendapatkan pendidikan. Akibat dari kemiskinan masih bisa disaksikan saat ini."

Sekitar 700.000 warga Spanyol tidak bisa membaca dan menulis, demikian dilaporkan Institute of National Statistics pada tahun 2016. Dari kelompok buta huruf ini, 400.000 orang di antaranya berumur di atas 70 tahun.

"Setiap kali saya pulang, saya duduk dan menambahkan gambar untuknya," kata pria yang kini berumur 31 tahun ini. "Ini menjadi sesuatu yang kami lakukan berdua."

(mdi)

  • HOT !
    Untuk pertama kalinya Arab Saudi akan memiliki kelab malam yang akan dibuka di tepi pantai Jeddah. Kabar ini pun menarik reaksi banyak orang di media sosial....
  • HOT !
    Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta telah tiga kali menjalankan uji coba. Namun kereta yang menghubungkan Rawamangun Kelapa Gading itu tak kunjung juga dioperasikan secara komersial meski belum lama ini diuji coba untuk publik secara gratis....
  • HOT !
    Kabar dibukanya kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS di tahun ini mencuat ke publik. Bahkan selain CPNS, pemerintah juga akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)