home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanda Keberadaan Air di Mars Semakin Terungkap

Selasa, 26 Maret 2013 13:15 by miko | 2394 hits
Tanda Keberadaan Air di Mars Semakin Terungkap
washingtonpost.com

Air merupakan sebuah zat yang sangat penting sebagai pendukung jika sebuah planet dapat dihuni manusia. Mesin penjelajah Mars milik Nasa, Curiosity kembali memberikan informasi bahwa ditemukan kembali bahwa dahulu planet Mars mengandung air.

Dengan dibantu peralatan dari Rusia, Dynamic Albedo of Neutrons (DAN), deteksi keberadaan hydrogen tersebut didapat saat penjelajahan Curiosity di daerah yang sangat kering di Mars. Dalam perjalananya mesin tersebut mendeteksi banyak hydrogen berada dalam bentuk molekul air (H2O) yang berikatan dengan mineral.

“Lebih banyak air terdeteksi di Teluk Yellowknife daripada lokasi sebelumnya. Meski demikian, di Teluk Yellowknife kami juga melihat adanya perbedaan yang signifikan,” ungkap Maxim Litvak dari Space Research Institute Moscow yang juga DAN Deputy Principal Investigator seperti dikutip Physorg.

Peneliti juga mengatakan bahwa mereka menemukan indikasi proses lingkungan basah yang memproduksi tanah liat di Teluk Yellowknife terjadi tanpa membuat banyak perubahan pada campuran elemen kimia yang ada saat ini.

Baca juga: NASA Mengatakan Masih Ada 300 Juta Planet Yang Bisa Dihuni Oleh Manusia

"Komposisi unsur dalam batuan di Yellowknife tidak berubah banyak oleh perubahan mineral. Setelah membersihkan debu, kami mendapat hasil analisis yang menunjukkan kalau klasifikasi batuan di sana adalah batuan dengan komposisi seperti batuan basal,” jelasnya.

Setelah debu tersebut dibersihkan oleh Curiosity menggunakan sikat, APXS melihat tidak terlalu banyak sulfur di batuan tersebut. Hal ini yang mengindikasikan kalau batuan itu memiliki komposisi unsur yang serupa dengan batuan basal.

Peneliti menduga, batu-batuan dasar di Yellowknife terbentuk ketika batuan basal original hancur menjadi pecahan, kemudian mengalami perpindahan dan terkumpulkan kembali sebagai partikel sedimen dan berubah secara mineral ketika terkena air.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)