SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanda Keberadaan Air di Mars Semakin Terungkap

Selasa, 26 Maret 2013 13:15 by miko | 2266 hits
Tanda Keberadaan Air di Mars Semakin Terungkap
washingtonpost.com

Air merupakan sebuah zat yang sangat penting sebagai pendukung jika sebuah planet dapat dihuni manusia. Mesin penjelajah Mars milik Nasa, Curiosity kembali memberikan informasi bahwa ditemukan kembali bahwa dahulu planet Mars mengandung air.

Dengan dibantu peralatan dari Rusia, Dynamic Albedo of Neutrons (DAN), deteksi keberadaan hydrogen tersebut didapat saat penjelajahan Curiosity di daerah yang sangat kering di Mars. Dalam perjalananya mesin tersebut mendeteksi banyak hydrogen berada dalam bentuk molekul air (H2O) yang berikatan dengan mineral.

“Lebih banyak air terdeteksi di Teluk Yellowknife daripada lokasi sebelumnya. Meski demikian, di Teluk Yellowknife kami juga melihat adanya perbedaan yang signifikan,” ungkap Maxim Litvak dari Space Research Institute Moscow yang juga DAN Deputy Principal Investigator seperti dikutip Physorg.

Peneliti juga mengatakan bahwa mereka menemukan indikasi proses lingkungan basah yang memproduksi tanah liat di Teluk Yellowknife terjadi tanpa membuat banyak perubahan pada campuran elemen kimia yang ada saat ini.

Baca juga: Dinamai Exoplanet, Inilah 7 Planet Baru Temuan NASA yang Mirip Bumi!

"Komposisi unsur dalam batuan di Yellowknife tidak berubah banyak oleh perubahan mineral. Setelah membersihkan debu, kami mendapat hasil analisis yang menunjukkan kalau klasifikasi batuan di sana adalah batuan dengan komposisi seperti batuan basal,” jelasnya.

Setelah debu tersebut dibersihkan oleh Curiosity menggunakan sikat, APXS melihat tidak terlalu banyak sulfur di batuan tersebut. Hal ini yang mengindikasikan kalau batuan itu memiliki komposisi unsur yang serupa dengan batuan basal.

Peneliti menduga, batu-batuan dasar di Yellowknife terbentuk ketika batuan basal original hancur menjadi pecahan, kemudian mengalami perpindahan dan terkumpulkan kembali sebagai partikel sedimen dan berubah secara mineral ketika terkena air.

Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)