SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Viralnya Isu 'Serangan' 2.800 Tenaga Kerja Asing Cina di Morowali

Senin, 09 Juli 2018 10:13 by reinasoebisono | 1547 hits
Penjelasan Viralnya Isu 'Serangan' 2.800 Tenaga Kerja Asing Cina di Morowali
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Ada isu yang digembar-gemborkan belakangan ini tentang adanya serbuan tenaga kerja asing (TKA) di Morowali. Bahkan, TKA yang dikatakan berasal dari Cina itu sebanyak 2.800 orang dan disembunyikan saat kunjungan Komisi IX DPR RI.

Hal ini akhirnya diungkapkan oleh Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf tentang TKA di PT Indonesia Mowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah. Ia menyebut, jika jumlah karyawan asing benar 2.800 orang, namun tenaga kerja lokalnya jauh di atas itu.

"Jumlah karyawan asing ada 2.500 TKA-nya. Sementara pekerja lokal-nya mencapai 28.000 orang!!!" tulis Dede lewat Facebook, Minggu (8/7). "Kami tidak menemukan serbuan TKA, yang ada justru puluhan ribu pekerja kita yang berasal dari sekitar Sulawesi," 

Baca juga: Heboh Dua Pria Taruhan Lahan Satu Hektar untuk Pilpres 2019, Ternyata Ini Alasan Sebenarnya

Melansir Detik, jumlah TKA di PT IMIP hanya 10% dari total pekerja. Pejabat imigrasi juga menunjukkan laporan jika para TKA itu memiliki ijin kerja yang sah. Kebutuhan tenaga asing itu juga diprediksi karena ada proyek pembangunan smelter di awal dan tidak banyak orang Indonesia yang bisa membangun smelter.

"Kalau menurut kami begini, kalau mau diumpetin (TKA China) masa iya ada Bupati, ada Ketua DPRD, imigrasi, pihak Kemenaker. Masa iya sih semuanya berbohong? Kalau iya konspirasi besar itu," kata Dede.

"Saat ini pekerja asing sebagian besar sudah pulang karena pada saat pembangunan smelter di awal memang banyak sekali. Ketika sudah mulai berjalan dan berproduksi jumlah pekerja lokalnya berdasarkan laporan dari perusahaan, Disnaker, Imigrasi jumlah pekerja lokal hampir 50 ribu. Pekerja asingnya 2 ribuan," jelas Dede.

(rei)

  • HOT !
    Ustadz Arifin Ilham yang menderita penyakit kanker kembali ke Penang, Malaysia untuk menjalani pengobatan dan berita sebelumnya mengatakan dirinya didampingi oleh ketiga istrinya. Kini, kondisi Ustadz Arifin Ilham dikabarkan kembali drop....
  • HOT !
    Tak hanya soal mengatur negara dan pemerintahan, ternyata Presiden Joko Widodo juga menarik perhatian dan menginspirasi anak muda alias generasi milenial. Tercermin dari terpampang dirinya dalam sebuah sampul utama majalah asing....
  • HOT !
    Tak hanya Densus 88 yang melakukan olah TKP di lokasi rumah yang dihuni terduga teroris E alias Abu Kafi alias Pak Jenggot di Jalan Nangewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : rosadelita_ps
Cast : - Jung Ayana - Jung Yunho - Shim Changmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)