SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anehnya DPR RI Abaikan Aturan Mantan Koruptor Dilarang Nyaleg

Jumat, 06 Juli 2018 11:18 by mikhael | 1665 hits
Anehnya DPR RI Abaikan Aturan Mantan Koruptor Dilarang Nyaleg
Image source: Detik

DREAMERS.ID - DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI kembali mengundang reaksi. Organisasi parlemen yang semestinya kepanjangan tangan rakyat, justru memberi banyak wacana yang bertentangan.

Pembekuan anggaran KPK-Polri, pelemahan KPK dengan membuat Perppu yang isinya menghilangkan kewenangan KPK soal penyadapan, penuntutan tersangka, hingga pembatasan waktu keberadaan KPK adalah beberapa di antaranya.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, kali ini DPR  juga berusaha mengabaikan aturan KPU dimana mantan koruptor dilarang mencalonkan dirinya.  Hal itu mencuat pada rapat gabungan DPR. Melansir Detik, Koordinator Divisi Korupsi ICW Donal Fariz, menilai langkah ini sangat aneh, mengingat peraturan KPPU seharusnya diikuti oleh DPR.

"Ini menjadi aneh karena mereka mengabaikan PKPU, sementara dasar pendaftaran caleg adalah PKPU," kata Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz.

Baca juga: Usul KPK Jika DPR Tak Juga Usai Rampungkan UU: Tak Usah Digaji!

“Rapat gabungan DPR ini tidak bisa menjadi acuan KPU untuk bekerja diluar KPPU. KPU tetap berwenang untuk tetap bekerja berdasar aturan PKPU yang memuat mantan narapidana tidak punya kesempatan maju menjadi caleg” Ucap Donal.

Dia mendukung KPU bekerja sesuai dengan aturan tanpa mempedulikan hasil rapat di DPR. Seharusnya, komponen-komponen parpol DPR mengapresiasi PKPU itu, bukan malah mengabaikan.

Sebelumnya, DPR, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly, KPU, dan Bawaslu mengadakan rapat konsultasi di DPR. Hasil rapatnya adalah memberi kesempatan bagi caleg untuk mendaftar ke parpol masing-masing sembari menunggu keputusan gugatan di MK.

(mdi)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)