SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anehnya DPR RI Abaikan Aturan Mantan Koruptor Dilarang Nyaleg

Jumat, 06 Juli 2018 11:18 by mikhael | 1634 hits
Anehnya DPR RI Abaikan Aturan Mantan Koruptor Dilarang Nyaleg
Image source: Detik

DREAMERS.ID - DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI kembali mengundang reaksi. Organisasi parlemen yang semestinya kepanjangan tangan rakyat, justru memberi banyak wacana yang bertentangan.

Pembekuan anggaran KPK-Polri, pelemahan KPK dengan membuat Perppu yang isinya menghilangkan kewenangan KPK soal penyadapan, penuntutan tersangka, hingga pembatasan waktu keberadaan KPK adalah beberapa di antaranya.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, kali ini DPR  juga berusaha mengabaikan aturan KPU dimana mantan koruptor dilarang mencalonkan dirinya.  Hal itu mencuat pada rapat gabungan DPR. Melansir Detik, Koordinator Divisi Korupsi ICW Donal Fariz, menilai langkah ini sangat aneh, mengingat peraturan KPPU seharusnya diikuti oleh DPR.

"Ini menjadi aneh karena mereka mengabaikan PKPU, sementara dasar pendaftaran caleg adalah PKPU," kata Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz.

Baca juga: Tanggapan DPR Soal Online Shop Penjual PRT di Platform Carousell

“Rapat gabungan DPR ini tidak bisa menjadi acuan KPU untuk bekerja diluar KPPU. KPU tetap berwenang untuk tetap bekerja berdasar aturan PKPU yang memuat mantan narapidana tidak punya kesempatan maju menjadi caleg” Ucap Donal.

Dia mendukung KPU bekerja sesuai dengan aturan tanpa mempedulikan hasil rapat di DPR. Seharusnya, komponen-komponen parpol DPR mengapresiasi PKPU itu, bukan malah mengabaikan.

Sebelumnya, DPR, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly, KPU, dan Bawaslu mengadakan rapat konsultasi di DPR. Hasil rapatnya adalah memberi kesempatan bagi caleg untuk mendaftar ke parpol masing-masing sembari menunggu keputusan gugatan di MK.

(mdi)

  • HOT !
    Perundingan Rumah Eko akhirnya temui titik terang, kini rumah yang terkepung tetangganya itu memiliki akses jalan masuk dan keluar....
  • HOT !
    Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden pilpres  2019 telah ditentukan,  yakni pasangan Jokowi Ma’ruf dan Prabowo Sandi....
  • HOT !
    Beberapa waktu lalu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan telah melaporkan dua akun Instagram ke Bareskrim Mabes Polri, karena dinilai menyebarkan hoak yang mengandung ujaran kebencian....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)