home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Disalahartikan, BPOM Rilis Surat Edaran Kental Manis Bukanlah Susu

Kamis, 05 Juli 2018 09:53 by mikhael | 3409 hits
Sering Disalahartikan, BPOM Rilis Surat Edaran Kental Manis Bukanlah Susu
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan surat edaran dengan nomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 mengenai 'Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya'. Surat ini resmi dibuat BPOM setelah mengetahui banyak persepsi yang salah mengenai produk kental manis sebagai produk susu.

Seperti dilansir CNNIndonesia.com, surat edaran tersebut dibuat untuk melindungi para konsumen terutama para anak-anak.  Tak hanya itu, produk kental manis juga dilarang memvisualisasikan produknya dengan produk susu lain yang setara sebagai pelengkap gizi.


Produk susu itu antara lain susu sapi, susu yang dipasteurisasi, susu yang disterilisasi, susu formula, serta susu pertumbuhan.

“Terkait produk kental manis ini harus banyak disosialisasikan kepada masyarakat agar tidak terjadi kekeliruan lagi mengenai produk kental manis sebagai produk susu” Jelas Kepala BPOM, Penny Lukito.

Penny menambahkan bahwa terbitnya surat edaran itu bukan berarti dilarangnya produk kental manis untuk dikonsumsi, namun dia mengungkapkan harus disesuaikan dalam pemakaiannya.

Lebih lanjut, Penny menjelaskan adanya larangan bagi setiap iklan produk kental manis untuk menampilan anak-anak dengan usia kurang dari 5 tahun sebagai model iklannya.

Dalam surat ini juga, baik produsen, importir, maupun distributor harus mengikuti aturan-aturan yang tertera didalamnya paling  lambat 6 bulan sejak terbitnya surat tersebut.

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan tengah menghadapi gelombang kedua pandemi COVID 19 atau corona. Berdasarkan pihak berwenang setempat, krisis yang dihadapi lebih besar sekarang daripada pada awal Mei karena penyebaran diam diam secara bersamaan di wilayah metropolitan Seoul....
  • HOT !
    Otoritas kesehatan masyarakat Korea mengatakan pada hari Senin (10/8) bahwa mereka telah menemukan tiga urutan genom baru yang bermutasi dari virus corona di antara kasus kasus impor di negaranya....
  • HOT !
    Pasha ‘Ungu’ alias Sigit Purnomo kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu. Belakangan saat menjalani tugas sebagai wakil rakyat, Pasha ditegur oleh Mendagri Tito Karnavian. Alasannya karena gaya rambut Pasha yang nyentrik di cat pirang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)