SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Karena Ditemukan Berukuran Raksasa, Ternyata Ikan Arapaima Berbahaya Dilepas ke Sungai?

Kamis, 28 Juni 2018 09:44 by Rie127 | 5824 hits
Viral Karena Ditemukan Berukuran Raksasa, Ternyata Ikan Arapaima Berbahaya Dilepas ke Sungai?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Ikan Arapaima gigas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk unik. Hal ini membuat siapa saja akan tertarik dengan jenis ikan satu ini. Namun bagaimana jika ikan Arapaima Gigas ternyata cukup berbahaya? 

Ditemukannya seekor ikan Arapaima Gigas di Sungai Brantas, Sidoarjo, Surabaya cukup menghebohkan warga sekitar. Ikan Arapaima sendiri bukanlah ikan asal Indonesia, melainkan ikan air tawar yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan.

Ikan Arapaima termasuk kedalam ikan yang keberadaannya cukup sedikit hingga terbilang langka. Para ahli menyarankan masyarakat untuk tidak melepaskan ikan tersebut kembali ke sungai.

"Ukuran ikan ini sangat besar dan mengancam populasi ikan di sungai. Selain itu, dikhawatirkan juga mengancam manusia, khususnya anak-anak atau balita," kata Haryono.

Baca juga: Viral Video Kolam Renang Sidoarjo Bergelombang Bak Tsunami, Danlanudal: Kuasa Tuhan

"Ikan Arapaima bukanlah ikan asli Indonesia. Panjang ikan di habitat aslinya bisa mencapai 4,5 meter. Predator ini sebetulnya sudah dilarang masuk ke Indonesia," katanya lagi.

Dia melanjutkan, pelarangan tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014. Ikan Arapaima menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang menjadi favorit bagi penggemar ikan di Indonesia karena ukurannya yang besar dan bentuknya yang eksotis.

Namun, masih banyak pemilik ikan Arapaima yang tidak berhati-hati sehingga ikan tersebut bisa lepas ke perairan umum. Karena itu sebaiknya diperhatikan kembali jika ingin memelihara dan melepasnya kembali, apakah ada dampak dan bahaya yang ditimbulkan.

(jjn)

  • HOT !
    Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali sejak 8 14 Oktober 2018. Sempat dikritik menghamburkan uang negara,gelaran akbar ini justru diklaim mendapat respon positif dari negara negara asing. ...
  • HOT !
    Partai Gerindra resmi mempolisikan aktivis Ratna Sarumpaet akibat kasus hoax penganiayaan yang menimpa dirinya. Gerindra menyebutkan bahwa itu merupakan risiko dari tindakan Ratna....
  • HOT !
    Dikarenakan hoax yang dibuat oleh Ratna Sarumpaet, Partai Golkar menyebutkan bahwa Prabowo Subianto dan tim suksesnya sudah kehilangan kredibilitas. Golkar mengungkit latar belakang Prabowo di dunia militer mengenai sikap atas kasus Ratna....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : eyua
Cast : Park Chanyeol , Do Kyungsoo , Kim Jongin , Oh Sehun , Kim Junmyeon , Byun Baekhyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)