SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Karena Ditemukan Berukuran Raksasa, Ternyata Ikan Arapaima Berbahaya Dilepas ke Sungai?

Kamis, 28 Juni 2018 09:44 by Rie127 | 4615 hits
Viral Karena Ditemukan Berukuran Raksasa, Ternyata Ikan Arapaima Berbahaya Dilepas ke Sungai?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Ikan Arapaima gigas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk unik. Hal ini membuat siapa saja akan tertarik dengan jenis ikan satu ini. Namun bagaimana jika ikan Arapaima Gigas ternyata cukup berbahaya? 

Ditemukannya seekor ikan Arapaima Gigas di Sungai Brantas, Sidoarjo, Surabaya cukup menghebohkan warga sekitar. Ikan Arapaima sendiri bukanlah ikan asal Indonesia, melainkan ikan air tawar yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan.

Ikan Arapaima termasuk kedalam ikan yang keberadaannya cukup sedikit hingga terbilang langka. Para ahli menyarankan masyarakat untuk tidak melepaskan ikan tersebut kembali ke sungai.

"Ukuran ikan ini sangat besar dan mengancam populasi ikan di sungai. Selain itu, dikhawatirkan juga mengancam manusia, khususnya anak-anak atau balita," kata Haryono.

"Ikan Arapaima bukanlah ikan asli Indonesia. Panjang ikan di habitat aslinya bisa mencapai 4,5 meter. Predator ini sebetulnya sudah dilarang masuk ke Indonesia," katanya lagi.

Dia melanjutkan, pelarangan tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014. Ikan Arapaima menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang menjadi favorit bagi penggemar ikan di Indonesia karena ukurannya yang besar dan bentuknya yang eksotis.

Namun, masih banyak pemilik ikan Arapaima yang tidak berhati-hati sehingga ikan tersebut bisa lepas ke perairan umum. Karena itu sebaiknya diperhatikan kembali jika ingin memelihara dan melepasnya kembali, apakah ada dampak dan bahaya yang ditimbulkan.

(jjn)

  • HOT !
    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (21/7/2018). KPK pun berhasil menemukan salah satu lapas yang dilengkapi dengan fasilitas mewah....
  • HOT !
    Menjelang Asian Games 2018, Presiden Joko Widodo mengundang dua pemimpin negara di Asia. Salah satunya adalah pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Namun, Kim Jong Un masih belum mengonfirmasi undangan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo....
  • HOT !
    Sebuah kejadian yang cukup menggemparkan datang dari Korea Selatan. Pasalnya, kemarin pagi hari Kamis (19/7), seorang wanita dengan mengendarai mobil mewahnya membuang uang dalam jumlah besar keluar jendela mobil yang sedang dikendarainya....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)