SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dikira Sampah, Ternyata Mangkuk Antik China

Sabtu, 23 Maret 2013 02:00 by miko | 1559 hits
Dikira Sampah, Ternyata Mangkuk Antik China
108jakarta.com

Untuk mengetahui sebuah barang yang tergolong antik memang tidaklah mudah, hanya mereka yang ahli yang bisa membedakan. Kisah menarik pun terjadi pada keluarga di New York. Mereka tidak menyangka mangkuk yang dibelinya dipasar  loak ternyata sebuah benda antik seharga jutaan dolar.

Dilansir dari Reuters, mangkuk tersebut dibeli US$ 3 atau Rp 28.000 pada acara obral barang  rumah tangga yang tak terpakai dari sebuah rumah pada 2007 silam. Selama beberapa tahun, keluarga itu memajangnya di sebuah ruang tamu.

Identitas benda berdiameter 5 inci itu baru diketahui setelah mereka berkonsultasi ke ahli barang antik karena penasaran asalnya dari mana. Hasilnya mangkuk keramik itu berasal dari Dinasti Song Utara di China.

Baca juga: Mau Tahu Asal Muasal Mangkuk Si Ayam Merah?

Usianya pun sudah lebih dari seribu tahun yaitu era kisaran 960-1279 dan bernilai sangat tinggi. Setelah tahu mangkuk itu barang langka maka pemiliknya langsung melelangnya di balai lelang Sotheby's. Awalnya mangkuk itu diperkirakan terjual pada kisaran harga US$ 200 ribu-300 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar-Rp 2,9 miliar.

Namun rupanya seorang pedagang barang antik dari London rela merogoh koceknya US$ 2,22 juta (Rp 21,6 miliar) demi mendapatkan mangkuk tersebut. Sotheby's menemukan hanya ada satu lagi mangkuk sejenis yang sudah tersimpan di museum London selama 60 tahun.

“Mangkuknya benar-benar sempurna. Sama sekali tak ada keretakan atau cuilan dan lainnya. Daun bunga terukir di bagian dalam dan luarnya. Sangat jarang untuk menemukan kombinasi seperti ini,” ungkap Giuseppe Eskenaz yang membelinya.

Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)