home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dikira Sampah, Ternyata Mangkuk Antik China

Sabtu, 23 Maret 2013 02:00 by miko | 1675 hits
Dikira Sampah, Ternyata Mangkuk Antik China
108jakarta.com

Untuk mengetahui sebuah barang yang tergolong antik memang tidaklah mudah, hanya mereka yang ahli yang bisa membedakan. Kisah menarik pun terjadi pada keluarga di New York. Mereka tidak menyangka mangkuk yang dibelinya dipasar  loak ternyata sebuah benda antik seharga jutaan dolar.

Dilansir dari Reuters, mangkuk tersebut dibeli US$ 3 atau Rp 28.000 pada acara obral barang  rumah tangga yang tak terpakai dari sebuah rumah pada 2007 silam. Selama beberapa tahun, keluarga itu memajangnya di sebuah ruang tamu.

Identitas benda berdiameter 5 inci itu baru diketahui setelah mereka berkonsultasi ke ahli barang antik karena penasaran asalnya dari mana. Hasilnya mangkuk keramik itu berasal dari Dinasti Song Utara di China.

Baca juga: Mau Tahu Asal Muasal Mangkuk Si Ayam Merah?

Usianya pun sudah lebih dari seribu tahun yaitu era kisaran 960-1279 dan bernilai sangat tinggi. Setelah tahu mangkuk itu barang langka maka pemiliknya langsung melelangnya di balai lelang Sotheby's. Awalnya mangkuk itu diperkirakan terjual pada kisaran harga US$ 200 ribu-300 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar-Rp 2,9 miliar.

Namun rupanya seorang pedagang barang antik dari London rela merogoh koceknya US$ 2,22 juta (Rp 21,6 miliar) demi mendapatkan mangkuk tersebut. Sotheby's menemukan hanya ada satu lagi mangkuk sejenis yang sudah tersimpan di museum London selama 60 tahun.

“Mangkuknya benar-benar sempurna. Sama sekali tak ada keretakan atau cuilan dan lainnya. Daun bunga terukir di bagian dalam dan luarnya. Sangat jarang untuk menemukan kombinasi seperti ini,” ungkap Giuseppe Eskenaz yang membelinya.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)