home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cuma 15 Menit Namun Lebih Susah untuk Orang Baru, Ketahui Fakta Tes Psikologi Bagi Pemohon SIM

Jumat, 22 Juni 2018 10:33 by reinasoebisono | 2763 hits
Cuma 15 Menit Namun Lebih Susah untuk Orang Baru, Ketahui Fakta Tes Psikologi Bagi Pemohon SIM
Image source: Media Indonesia

DREAMERS.ID - Dalam waktu dekat, pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tes psikologi sebagai salah satu persyaratan dalam penerbitan SIM. Tes ini berlaku untuk seluruh golongan SIM, termasuk untuk pengajuan SIM baru, peningkatan golongan atau pun perpanjangan.

"Tes psikologi tersebut akan dilaksanakan oleh lembaga psikologi yang telah mendapatkan pembinaan dan pengawasan dari bagian psikologi Polda Metro Jaya," kata Kasie SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar.

Salah satu lembaga yang ditunjuk untuk melakukan tes psikologi adalah Lembaga Psikologi Andiarta yang mengonfirmasi jika tes tersebut akan menggunakan sistem komputer. Menurut psikolog Adi Sasongko, tes itu tak memerlukan waktu panjang.

Ia menjelaskan, pihaknya membedakan jenis soal untuk pemohon SIM baru dan yang hanya melakukan perpanjangan SIM. Pemohon baru diberi 24 pertanyaan dan untuk perpanjangan SIM disediakan 18 pertanyaan.

"Kami desain satu soal itu 30 detik, sehingga acuannya di pemohon baru itu kami beri waktu 15 menit dengan kami toleransi 3 menit. Sehingga kalau kita kalkulasikan, itu 12 menit itu harusnya sudah selesai untuk pemohon baru dan bisa lebih cepat," ujar Adi mengutip Kompas.

"Waktu yang bersangkutan sudah melakukan psikotesnya yang secara computerize, di situ diklik done atau selesai, hasilnya akan langsung terkirim ke meja hasil untuk dicetak hasilnya. Jadi kami berikan semacam surat begitu," kata dia.

Selain itu, disiapkan pula tes psikologi secara manual untuk kondisi darurat, seperti mati listrik atau menyesuaikan kondisi di SIM keliling yang mobile. Tarif tes psikologi di wilayah Polda Metro Jaya dikenai Rp 35.000, berlaku untuk permohonan SIM baru mau pun perpanjangan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)