home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerkosaan Turis Perancis oleh Oknum Tour Guide 'Abal-abal' Coreng Reputasi Labuan Bajo

Kamis, 21 Juni 2018 17:46 by reinasoebisono | 39681 hits
Pemerkosaan Turis Perancis oleh Oknum Tour Guide 'Abal-abal' Coreng Reputasi Labuan Bajo
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Salah satu industri pariwisata kebanggaan Indonesia tercoreng karena ulah oknum tak bertanggungjawab yang mengaku sebagai tour guide atau pemandu wisata namun malah berperilaku tak senonoh dan mengancam wisatawan asing.

Tepatnya pada hari Selasa (12/6), seorang turis wanita asal Perancis berinisial MB yang masih berusia 22 tahun dipandu oleh seorang pemandu wisata freelance berinisial A dan dijanjikan untuk diantarkan ke Air Terjun Cunca Wulang, Labuan Bajo.

“(Namun) sepulang dari lokasi air terjun, pelaku mengajak korban untuk berhubungan badan. Korban menolak ajakan pelaku tetapi pelaku mengancam," ujar Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono.

Turis MB pun diancam oleh A akan memanggil teman-teman dan memperkosa dirinya jika tidak mau berhubungan. Dengan terpaksa, korban mengikuti ajakan pelaku berhubungan badan di dalam hutan dalam perjalanan pulang dari air terjun menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Pakar Kejiwaan Ungkap Analisa Herry Wirawan Punya Karakter Psikotpat?

Hal ini pun dapat kecaman keras dari berbagai pihak karena dianggap mencoreng nama baik pariwisata Labuan Bajo yang terkenal memiliki keindahan alam yang mendunia. Bahkan, Labuan Bajo merupakan salah satu dari 10 destinasi prioritas nasional.

"Kami mengecam keras kejadian ini, ini sangat memalukan dan mencoreng pariwisata kita di NTT terutama di Labuan Bajo yang menjadi destinasi wisata unggulan," kata Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Timur Abed Frans.

"Sebenarnya sekalipun pelaku itu guide abal-abalan tetap saja tugas dari HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) dan Pemda setempat untuk membereskan masalah tersebut," katanya mengutip Okezone.

Abed mengaku masih menunggu klarifikasi pihak HPI setempat atas status oknum pelaku pemerkosaan itu. Serta pelayanan ASITA sebagai operator tur juga tergantung dari kinerja pemandu wisata di lapangan. Sebaiknya pun, pemandu wisata yang bertugas di Labuan Bajo mengantongi sertifikat resmi dari pemerintah atau lembaga resmi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)